Tak Semahal Ikan Salmon, Ini Ikan yang Mengandung Omega-3 dengan Harga Terjangkau

Ilustrasi ikan kembung (Pexels)

Editor: Dera - Kamis, 27 Januari 2022 | 12:20 WIB

Sariagri - Omega-3 merupakan asam lemak essensial yang mengandung asam alfa-linoleat (ALA), asam eikosapentaenoat (EPA) dan juga asam docosahexaenoic (DHA). Kandungan Omega-3 dalam ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan fungsi otak, membantu mencegah depresi dan gangguan mood. 

Ikan yang mengandung kandungan Omega-3 biasanya terdapat pada ikan salmon. Namun karena harganya yang mahal, sebagain orang enggan untuk membelinya. 

Namun tahukah Sobat Agri, selain ikan salmon ada juga loh ikan yang mengandung Omega-3 namun dengan harga terjangkau. Salah satunya ikan kembung, yang kisaran harganya sekitar Rp30.000-an per kilogram. 

Dalam 100 gram salmon terdapat 1,4 gram Omega-3, sementara dalam 100 gram ikan kembung terkandung 2,6 gram Omega-3. Ikan kembung pun bisa menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang ingin memenuhi kebutuhan asupan Omega 3.

Selain lebih murah, ikan kembung juga relatif lebih mudah didapatkan. Ikan laut asli Indonesia ini banyak ditemukan di tiga wilayah perairan yaitu Selat Makassar, Teluk Bone, dan Laut Flores. Populasinya pun bertambah banyak pada musim puncak sekitar bulan Maret hingga Juni.

Baca Juga: Tak Semahal Ikan Salmon, Ini Ikan yang Mengandung Omega-3 dengan Harga Terjangkau
Ingin Cuan pada 2022, Cobalah Budidaya Salmon

Tak hanya mengandung Omega-3, ikan kembung juga mengandung nutrisi bemanfaat lainnya Omega-6 yang berfungsi mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu ikan kembung juga memiliki unsur-unsur zat gizi berupa lemak, protein, kalsium, fosfor, besi, serta vitamin A dan vitamin B1.

Bahkan ikan kembung juga kaya protein yang cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang dalam program diet. Pasalnya, protein bisa mempercepat proses metabolisme tubuh, sehingga bisa membakar lebih banyak kalori dan membuat berat badan turun secara bertahap.

Video Terkait