Jangan Dilewatkan, Ini 4 Manfaat Tinta Cumi-Cumi untuk Kesehatan

Ilustrasi cumi-cumi (Piqsels)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 26 Januari 2022 | 17:00 WIB

Sariagri -  Cumi-cumi adalah hewan laut yang banyak digemari masyarakat sebagai bahan masakan. Uniknya hewan ini akan mengeluarkan tinta hitam saat ia merasa terancam.

Tinta tersebut bisa dibilang sebagai salah satu bentuk perlawanannya. Cumi-cumi satu ini banyak diolah menjadi berbagai macam olahan. Selain itu ia  memiliki banyak manfaat kesehatan.

Keistimewaan cumi-cumi tidak hanya terletak pada dagingnya saja, tapi juga pada tintanya. Tinta cumi mengandung gizi tinggi jika dikonsumsi. Sebab tinta cumi-cumi kaya akan senyawa baik seperti, melanin, enzim, polisakarida, katekolamin, asam amino dan masih banyak lagi.

Dalam tinta cumi mengandung melanin sebagai senyawa utama yang bertanggung jawab atas warna gelap pada tinta. Senyawa melanin juga ada pada manusia yang menentukan perbedaan warna kulit pada setiap manusia.

Inilah manfaat tinta cumi yang sayang jika dilewatkan, dikutip dari laman Healthline:

1. Sebagai antimikroba

Riset telah membuktikan bahwa ekstrak tinta cumi terbukti untuk menetralkan bakteri yang umumnya menyebabkan plak gigi. Bakteri seperti, Streptococcus, Actinomyces viscosus, Lactobacillus acidophilus dan Candida albicans yang ada pada mulut.
Terbukti tinta cumi mampu menetralkan bakteri yang menyebabkan penyakit bawaan dalam makanan. Diantaranya seperti Escherichia coli dan Listeria Monocytogenes.

2. Sebagai antioksidan

Tinta cumi memiliki efek antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu melawan atau menangkal radikal bebas. Beberapa riset menunjukkan bahwa antioksidan pada tinta cumi berasal dari polisakarida.
Jika kadar radikal bebas dalam tubuh terlalu tinggi akan menyebabkan kerusakan sel. Bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit serius seperti, jantung, diabetes hingga kanker.

Baca Juga: Jangan Dilewatkan, Ini 4 Manfaat Tinta Cumi-Cumi untuk Kesehatan
Stop Jual Akuarium Bentuk Bundar, Ikan Bisa Gila dan Cepat Mati



3. Berpotensi melawan kanker

Selain mengandung senyawa antioksidan yang mencegah kanker. Tinta cumi juga mengandung sifat antikanker. Sebuah riset yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information telah membuktikan bahwa tinta cumi mengandung anti kanker.

Penemuan tersebut membuktikan bahwa sifat antioksidan dalam tinta cumi berpotensi menekan aktivitas tumor dan penyebaran sel kanker dalam tubuh. Kandungan polisakarida dalam tinta cumi terbukti menekan pertumbuhan sel-sel kanker seperti, kanker payudara, paru-paru hingga prostat.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa tinta cumi dapat meningkatkan tumbuh kembang sel kekebalan tubuh. Manfaat tersebut didapat dari kandungan antioksidan dalam tinta cumi.
Antioksidan tinggi dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel darah putih yang berguna untuk memperkuat imunitas tubuh seseorang. Sehingga kekebalan atau daya tahan tubuh seseorang meningkat.

Video Terkait