Tips Mudah Memilih Ikan Manfish yang Bagus untuk Dipelihara

Ilustrasi ikan manfish (Foter)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 23 Januari 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Memelihara ikan manfish menjadi kesenangan sendiri bagi para penghobi. Ikan hias yang satu ini memang memiliki daya tarik, hal ini disebabkan warna yang dimiliki ikan ini sangat menarik.

Baca Juga: Tips Mudah Memilih Ikan Manfish yang Bagus untuk Dipelihara
Mengenal Mollusca, Hewan Air Bertubuh Licin yang Kaya Protein

Namun sebelum memelihara, faktor utama yang harus diperhatikan adalah pemilihan ikan saat membeli. Pemilihan ini menjadi hal penting, sebab ikan yang bagus dan berkualitas akan sangat berperan berpengaruh pada pertumbuhan ikan.

Berikut beberapa tips memilih ikan manfish yang bagus untuk dipelihara :

1. Pastikan memilih ikan manfish yang berwarna cerah dan tidak pucat.

2. Jangan lupa juga pilih Ikan yang aktif bergerak, agresif dan tidak diam terus di tempat.

3. Memilik ikan dengan tubuh ikan yang ideal atau tidak kurus.

4. Terakhir, pilihlah ikan yang organ tubuhnya masih lengkap atau tidak mengalami kecacatan fisik.

Selain melihat ciri-ciri seputar ikan manfish yang bagus, kamu juga harus menentukan akan memelihara manfish berjenis kelamin jantan atau betina. Meskipun tidak terlalu spesifik, namun perbedaan keduanya tampak jelas terlihat. Manfish jantan memiliki ukuran kepala dan tubuh yang lebih besar dibandingkan manfish betina. Badannya juga tampak lebih pipih jika dilihat dari atas (bagian punggung). Sedangkan betina memiliki perut lebih besar dan menonjol jika dilihat dari atas (bagian punggungnya). Bagian atas kepala manfish jantan terlihat agak cembung, sementara berina cenderung datar. Manfish jantan memiliki warna yang lebih cerah daripada betina, sedangkan betina warnanya kusam dan tidak secerah jantan.

Video Terkait