Ahli Biologi: Fluktuasi Stok Ikan Dipengaruhi Suhu Air Laut

ilmuwan temukan 60 juta sarang ikan (Science).

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 18 Januari 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Perubahan iklim tidak hanya menyebabkan peningkatan suhu air laut secara bertahap, tetapi juga menimbulkan fluktuasi populasi ikan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli biologi di Wageningen University & Research, Belanda telah mengamati pengaruh fluktuasi suhu air laut dari tahun ke tahun terhadap kelimpahan stok ikan di laut.

"Perubahan iklim dapat menyebabkan stok ikan berfluktuasi lebih kuat dengan konsekuensi pada fungsi ekosistem laut dan perikanan," kata Peter van der Sleen dikutip phys.org.

Para ahli melihat bagaimana populasi ikan merespons suhu berdasarkan pada umur spesies dan posisi dalam rantai makanan. Ikan berumur pendek yang memakan plankton akan sangat menguntungkan pada suhu tinggi, menyebabkan pertumbuhan populasi yang cepat.

Namun efek tersebut lebih lambat pada ikan predator berumur panjang. Van der Sleen berkata berdasarkan data cincin tahunan, mereka menetapkan hubungan antara suhu air laut dan pertumbuhan ikan.

"Kami menggunakan metode serupa dengan yang digunakan untuk mengukur lingkaran pertumbuhan di pohon pada ikan, ini membuktikan mata kita untuk menemukan betapa sensitifnya pertumbuhan ikan terhadap fluktuasi suhu. Untuk beberapa spesies ikan yang dipelajari, pola pertumbuhan otolith seumur hidup sangat cocok dengan pola iklim," jelas Van der Sleen.

Tetapi, kata Van der Sleen, temuan tersebut juga tidak menjelaskan bagaimana fluktuasi lambat dalam populasi ikan. Artinya, apa yang dilakukan ikan secara individu dalam hal pertumbuhan belum tentu sama dengan pertumbuhan populasi secara keseluruhan.

"Banyak penelitian teoritis telah dilakukan tentang efeknya. Faktor demografi seperti umur spesies pada variasi kepadatan populasi ikan. Kami menggabungkan wawasan tersebut dengan hasil kali dari otolith ikan," ungkap Van der Sleen.Baca Juga: Ahli Biologi: Fluktuasi Stok Ikan Dipengaruhi Suhu Air Laut
Studi : Akibat Kenaikan Suhu Laut, Ukuran Ikan-ikan Kecil Menyusut dan Terancam Punah



Kemudian para ahli meningkatkan pertumbuhan individu ikan menjadi populasi.

"Karena kurangnya data untuk ribuan spesies ikan laut yang ingin kami pelajari, kami membuat model matematika sederhana. Ini mensimulasikan efek fluktuasi suhu dari tahun ke tahun pada populasi ikan, berdasarkan perkiraan umur dan posisinya dalam rantai makanan," kata Van der Sleen.

Hasilnya, terlihat fluktuasi lambat dalam stok ikan yang disimulasikan sangat cocok dengan variasi stok yang diamati.

"Kami terkejut melihat fluktuasi lambat stok ikan yang kami simulasikan sangat cocok dengan variasi stok ikan yang diamati," tukas Van der Sleen.

Video Terkait