Mengenal Ikan Naga 'Predator Intovert' yang Doyan Menyendiri

Ilustrasi ikan naga albino (Foter)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Nazarudin - Selasa, 11 Januari 2022 | 20:50 WIB

Sariagri - Di tengah maraknya hobi berkebun, nyatanya ada juga hobi lain yang banyak diminati. Salah satu diantaranya adalah hobi memelihara ikan hias. Bagi para pecinta ikan hias, bentuk dan warna dari ikan bisa sangat memikat hati. Adapun jenis ikan yang saat ini sedang diburu adalah ikan naga.

Sekilas, penampakan ikan ini terlihat seperti seekor naga. Tentu hal ini bukan tanpa alasan, rupa dari ikan yang berasal dari perairan Afrika ini memang memiliki sisik layaknya naga atau ular. Maka tak jarang banyak yang memanggil ikan ini dengan sebutan naga air.

Pesona ikan dengan postur sangar dan gerakan tubuh yang lambat ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi pecintanya. Ikan ini terkenal pendiam dan gemar merayap di dasar air. Namun hati-hati, meski terlihat kalem, ikan ini sebenarnya merupakan seekor predator handal.

Dengan gerak yang lambat, ikan-ikan kecil dan udang yang lewat di dekatnya tentu tidak akan sadar dan terkecoh. Jika sudah begitu, maka mangsa akan habis dilahap dengan cepat oleh ikan predator ini.

Jenis ikan naga

1. Hitam

Jenis pertama ada ikan naga hitam atau Black Dragonfish. Dinamakan tersebut karena ikan yang mempunyai nama latin Idiacanthus Atlanticus ini, memiliki warna hitam di sekujur tubuhnya. Ikan ini biasanya hidup di kedalaman 1.500 hingga 2.000 meter. Ada bagian unik dari ikan ini, yaitu bagian mata dan perutnya bisa bercahaya seperti lampu. Ukuran ikan Black Dragonfish yang jantan memiliki ukuran 5cm saja karena fungsinya hanya untuk bereproduksi. Namun untuk ikan yang betina, ukurannya bisa mencapai panjang 40cm

2. Albino

Sesuai dengan namanya, jenis ikan naga yang satu ini memang berwarna putih. Hal ini dikarenakan tubuhnya kehilangan pigmen warna kulit. Namun ada ciri unik yang dimiliki ikan ini, yaitu mata yang berwarna kemerahan dan bentuk sirip punggung yang berbentuk runcing. Jika dibandingkan dengan jenis lain, ikan ini memang terlihat lebih sangar. Namun hal itulah yang mebuat banyak orang menyukai ikan ini.

3. Palmas

Jenis selanjutnya ada ikan palmas. Ikan ini juga menjadi salah satu yang populer di berbagai negara, salah satunya di Indonesia. Ikan ini memiliki nama lain Flag Fish karena pada bagian siripnya terdiri atas 8 hingga 11 sirip yang berkibar menyerupai bendera. Ada kelebihan yang dimiliki ikan ini yaitu, mampu hidup di area yang minim oksigen karena terdapat semacam paru-paru pada bagian tubuhnya.

Harga ikan naga

Meskipun tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Namun harga satu ekor ikan ini termasuk masih terjangkau. Untuk satu ekor ikan yang berukuran 10 sentimeter di pasaran dihargai berkisar puluhan ribu. Mengenai harga akan semakin mahal dan bisa mencapai jutaan rupiah, tergantung pada ukuran dan jenis yang dimiliki oleh ikan tersebut.

Di samping menjadi sebuah hobi, memelihara ikan ini juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jika dilakukan dengan penanganan yang tepat maka budidaya ikan ini dapat meraup keuntungan yang besar.

Makanan Ikan Naga

Salah satu poin penting yang harus diperhatikan dalam pertumbuhan ikan adalah masalah pakan. Namun tidak perlu khawatir, pada dasarnya jenis pakan ikan ini sangat mudah didapatkan seperti ikan kecil, udang, dan cacing. Untuk pakan terbaik, pemberian pakan juga bisa berupa pelet karena pelet memiliki komposisi nutrisi yang lengkap untuk pertumbuhan ikan.

Agar ikan naga dapat tumbuh maksimal, pemberian pakan sebaiknya dilakukan secara teratur dan sesuai dengan porsinya. Jangan terlalu berlebihan. Cukup berikan pakan sehari 2-3 kali.

Video Terkait :

Video Terkait



Baca Juga: Mengenal Ikan Naga 'Predator Intovert' yang Doyan Menyendiri
Ikan Palmas, Predator Zaman Purba yang Masih Banyak Diburu Penggemarnya