Geger! Hujan Ikan dari Langit Benar-benar Terjadi

Hujan ikan di Texas. (Sariagri/Istimewa)

Editor: Reza P - Sabtu, 8 Januari 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Penduduk Texas negara bagian Amerika serikat belakangan ini dikejutkan dengan fenomena alam yang cukup langka, di mana mereka diterpa hujan ikan. Diketahui bahwa wilayah tersebut sangat jauh dari lautan bahkan jaraknya mencapai ratusan kilometer.

Warga di wilayah Texarkana, bagian timur laut Texas dibuat terkejut lantaran fenomena hujan ikan. Ratusan ekor ikan berjatuhan dari atas langit berbarengan dengan turunnya air hujan. Lantas bagaimana bisa hujan ikan tersebut terjadi?

Dilansir dari berbagai sumber, fenomena tersebut bukan benar-benar ikan turun dari atas langit mereka tetap berasal perairan yang ada di muka bumi ini. Terjadinya hujan ikan disebabkan oleh fenomena Waterspout, yang merupakan putaran angin yang terjadi di atas permukaan air.

Oleh karena angin tersebutlah maka ikan-ikan dari perairan terangkat hingga ke atas awan dan membawa ikan tersebut terhempas ke berbagai wilayah. Waterspout diketahui sebagai turunan dari awan kumulus yang jatuh ke atas air.

Waterspout yang memiliki kecepatan tinggi dapat membuat ikan-ikan terutama yang berukuran kecil terbawa oleh kencangnya angin hingga ke udara. Setelah fenomena waterspout itu usai, maka membuat ikan itu pun berjatuhan.

Bukan hanya ikan, fenomena waterspout juga dapat berdampak pada hewan lainnya seperti hujan katak, burung, kelelawar, bahkan ular.

Baca Juga: Geger! Hujan Ikan dari Langit Benar-benar Terjadi
Viral Penemuan Ikan Raksasa di Aceh, Diduga Berasal dari Sungai Amazon

Fenomena hujan ikan bukan pertama kali terjadi di Amerika, sebelumnya pada tahun 2017 di California, fenomena ikan-ikan berjatuhan dari langit terjadi di atas sebuah sekolah dasar. Hujan ikan itu menyebabkan siswa yang sedang bermain di halaman sekolah terkena ikan.

Selain itu, di tahun 2005 di odzaci, Serbia, fenomena turunnya hewan-hewan dari langit juga sempat dirasakan. Di mana ribuan katak berjatuhan karena terbawa angin kencang ketika badai.