Ekspor Pertanian dan Perikanan Korsel Torehkan Sejarah

Ilustrasi - Rumput laut.(wikimedia.org)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 6 Januari 2022 | 18:20 WIB

Sariagri - Ekspor produk pertanian dan perikanan Korea Selatan mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah pada 2021. Dilansir The Korea Herald, Kamis (6/1/2022), tahun lalu ekspor produk negara itu meningkat hingga 15 persen. 

Data Kementerian Pertanian dan Perikanan Korea Selatan menyebutkan nilai ekspoir produk pertanian, peternakan dan perikanan hingga akhir tahun lalu sebesar 11,6 miliar dolar AS. Pencapaian itu menorehkan sejarah baru bagi dunia pertanian Korea Selatan karena sudah melampaui level 10 miliar dolar AS untuk ekspor produk pertanian. 

Ekspor produk pertanian dan peternakan meningkat 12,9 persen dalam setahun menjadi 8,54 miliar dolar AS. Khusus ekspor produk perikanan melonjak 22,4 persen menjadi 2,82 miliar dolar AS.

Pejabat berwenang mengarakan produk ertanian segar dan olahan memimpin peningkatan pengiriman produk ke luar negeri di tengah meningkatnya popularitas makanan kesehatan dan pengganti makanan rumahan.

Ekspor produk ginseng melonjak 16,3 persen pada 2021 dibanding tahun sebelumnya dengan kimchi dan produk beras olahan masing-masing naik 10,7 persen dan 18,1 persen. Kimchi adalah lauk tradisional Korea yang biasanya terbuat dari kubis difermentasi, garam dan cabai, serta dimakan dengan hampir semua makanan.

Pengiriman anggur ke luar negeri melonjak 24,1 persen tahun lalu dibanding 2020, sedangkan pengiriman stroberi meningkat 20 persen.

Sementara dari produk perikanan, ekspor rumput laut kering naik 15,4 persen dari tahun sebelumnya menjadi sekitar 700 juta dolar AS pada 2021, menandai kenaikan tahunan ke-11 tahun beruntun.

Baca Juga: Ekspor Pertanian dan Perikanan Korsel Torehkan Sejarah
KKP Dorong Inovasi Rumput Laut Guna Tekan Impor dan Ciptakan Lapangan Kerja

Rumput laut kering yang disebut "gim" dalam bahasa Korea igtu, biasanya dipanggang dengan minyak wijen dan garam halus, disajikan lauk dalam masakan Korea. Camilan yang terbuat dari gim telah mendapatkan popularitas di kalangan orang asing dalam beberapa tahun terakhir.

Kementerian perikanan mengatakan Korea Selatan mengekspor rumput laut kering ke 114 negara tahun lalu berkat popularitas budaya pop Korea di seluruh dunia.

Video terkait:

Video Terkait