Tips Anti Ribet Memilih Kerang Berkualitas untuk Dikonsumsi

Tips memilih kerang.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 2 Januari 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Kerang merupakan salah satu olahan laut yang cukup sering dan banyak dikonsumsi masyarakat. Selain memiliki cita rasa lezat, kerang juga mengandung gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Untuk mengolah kerang tidak terlalu sulit dan bisa dijadikan aneka menu lezat yang menggugah selera. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara memilih kerang berkualitas.

Bagi yang Untuk penasaran, berikut tips memilih kerang agar menghasilkan meny masakan yang lezat dirangkum dari berbagai sumber:.

1. Pilih kerang hidup

Jika memungkinkan, lebih baik memilih kerang hidup karena kesegarannya masih terjamin. Kerang hidup ditandai dengan cangkangnya yang terbuka. Dengan demikian, kualitas kerang juga tidak akan berkurang. Tak heran jika banyak pecinta makanan laut lebih memburu kerang hidup.

2. Bertekstur kenyal

Saat berkunjung ke supermarket atau swalayan, biasanya akan ditemukan jenis kerang yang dijajakan dan telah dipisahkan dari cangkangnya. Jika memungkinkan pastikan teksturnya sebelum membeli kerang. Kerang seharusnya memiliki tekstur kenyal tetapi lembut. Jangan memilih kerang dengan tekstur lembek.

3. Tidak beraroma tak sedap

Seperti mahkluk laut lainnya, kerang cenderung memiliki aroma khas dan segar ala laut. Sebelum membeli, gunakan indra penciuman untuk memastikan aroma dari kerang itu. Jika kerang yang akan dibeli memiliki aroma busuk atau tak sedap, jangan dibeli karena itu artinya kualitas kerang telah buruk.

Baca Juga: Tips Anti Ribet Memilih Kerang Berkualitas untuk Dikonsumsi
Seafood Hilang dari Menu Restoran AS, Ini Penyebabnya

Jika tidak memiliki opsi untuk membeli kerang hidup yang masih segar, bisa memilih kerang mati dengan memperhatikan beberapa hal. Jika memang harus membeli kerang mati, pilih yang cangkangnya masih tertutup rapat. Kualitas kerang yang cangkangnya tertutup rapat masih terjaga dan terjamin secara utuh.

4. Tidak berlendir

Kerang segar memiliki permukaan yang kesat dan lembut. Karena itu jika menemukan permukaan kerang berlendir, pertimbangkan dulu sebelum membelinya. Permukaan berlendir justru menjadi salah satu ciri bahwa kerang itu telah lama disimpan atau tidak segar lagi.

Video terkait:

Video Terkait