Cerdas, Begini Cara Petani Tiram Selidiki Pencuri Tiramnya

Ilustrasi - Tiram makanan laut rendah kalori.(Pixabay)

Editor: M Kautsar - Jumat, 31 Desember 2021 | 10:45 WIB

Sariagri - Ketika pencuri mencuri tiga ton tiram dari petani kerang Prancis Christophe Guinot, dia menemukan solusi: menanam catatan rahasia di dalam cangkang tiram untuk membantu polisi melacak pencuri.

Peternak kerang Prancis, Christophe Guinot memiliki pesan untuk mereka yang ingin mencuri tiramnya dan dia memasukkannya ke dalam cangkangnya. "Itu memiliki efek yang menghalangi. Saya pikir selama lima hingga enam tahun terakhir, tidak ada pencurian tiram baru dan tidak ada pengaduan yang diajukan," katanya seperti dilansir dari Bangkok Post.

Meskipun tidak seberharga mutiara, tiram adalah komoditas kelas atas dalam hal kerang. Setengah lusin dapat mencapai hingga 24 euro atau setara Rp380 ribu di restoran mewah terutama di sekitar liburan, saat permintaan tinggi. Itulah sebabnya pencuri dikenal suka naik perahu dan mencurinya dari kandang logam yang terendam tempat mereka dibesarkan.

'Catatan Guinot' yang dia buat pada tahun 2016 setelah pencuri mencuri tiga ton tiramnya digulung dan dimasukkan ke dalam cangkang kosong yang kemudian direkatkan kembali dan ditempatkan di dalam sangkar.



Catatan itu memberi tahu siapa pun yang membuka fakta bahwa mereka telah memenangkan berat tiram, dan mengundang mereka untuk menelepon nomor telepon untuk mengklaim hadiah mereka. Orang itu kemudian dapat ditanya di mana mereka membeli tiram, dan jika bukan dari suatu tempat yang dipasok oleh Guinot, petani kerang yang mengintai kemudian dapat mengarahkan polisi pada jejak pencuri tiram.

Baca Juga: Cerdas, Begini Cara Petani Tiram Selidiki Pencuri Tiramnya
Seluruh Aceh Berpotensi Jadi Lahan Budi daya Tiram



"Berkat pelacakan wajib kerang kami, saya akan dapat menemukan pencuri itu, apakah dia seorang profesional atau bukan, yang akan menjual tiram saya ke pedagang grosir, yang kemudian akan menjualnya ke penjual ikan. Dan dengan bantuan brigade bahari dan polisi maritim, kita akan dapat menangkap orang yang mencuri dari peternakan tiram," terangnya.

Petani kerang lainnya di Prancis selatan telah meniru metode Guinot dengan sangat efektif: setelah 19 pencurian pada tahun 2017, tidak ada lagi pencurian pada tahun 2020.

Video Terkait