Ini Penyebab Ikan Lele Berwarna Putih, Begini Cara Pengobatannya

Ilustrasi ikan Lele. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 27 Desember 2021 | 17:40 WIB

Sariagri - Salah satu langkah untuk mengatasi penyakit saat melakukan budidaya ikan lele adalah mengenali jenis penyakitnya. Biasanya, penyakit ikan lele berwarna putih disebabkan oleh mikroorganisme seperti jamur, bakteri dan virus.

Secara umum, penyakit ikan lele hampir sama dengan penyakit yang ditemui pada ikan tawar lainnya. Penyakit yang biasa menyerang terdiri dari penyakit infeksi yang disebabkan oleh jamur, protozoa, bakteri dan virus.

Salah satu penyakit yang menyerang ikan lele adalah penyakit bintik putih.  Adapun penyebab lele berwarna putih adalah protozoa dari jenis Ichthyphyhirius multifillis.

Penyakit  ikan Lele berwarna putih ini menyerang hampir semua jenis ikan air tawar.  Namun, lele yang terserang penyakit ini adalah saat masih benih.

Ciri-ciri  penyakit ikan Lele berwarna putih

Ciri-ciri  penyakit ikan Lele berwarna putih bintik-bintik tumbuh pada permukaan kulit dan insang. Bila terkena ikan akan mengosok-gosokkan tubuh ke dinding atau dasar kolam.

Baca Juga: Ini Penyebab Ikan Lele Berwarna Putih, Begini Cara Pengobatannya
Terekam Penampakan Makhluk Misterius dengan Kepala Transparan

Penyebab penyakit ikan lele berwarna putih dipicu oleh kualitas udara yang buruk, suhu udara terlalu dingin dan kepadatan tebar ikan yang tinggi. Untuk mencegah agar ikan tidak terkena white spot, pertahankan suhu udara pada kisaran 28 derajat celcius dan gunakan air yang berkualitas.

Pengobatan untuk jenis penyakit ikan lele berwarna putih antara lain dengan cara merendam ikan dalam larutan formalin 25 cc per meter kubik air ditambah dengan malacit green 0,15 gram per meter kubik air selama 24 jam. Pada ikan lele yang sudah besar, penyakit ini juga bisa dihapus dengan memindahkan ikan ke kolam dengan suhu 28 derajat Celsius.

Video Terkait