Unik! Peneliti Temukan Ikan yang Memiliki Jidat Transparan

Ikan jidat transparan. (Indi100)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 27 Desember 2021 | 16:20 WIB

Sariagri - Seekor ikan langka yang memiliki jidat transparan ditemukan oleh aquarist Tommy Knowles dan timnya, saat berada di atas kapal penelitian Rachel Carlson. Mereka menemukan ikan unik tersebut saat mengumpulkan jeli dan jeli sisir untuk sebuah kegiatan pameran.

Para peneliti di Monterey Bay Aquarium Research Institute di California ini kemudian merekam gambar ikan yang ternyata bernama barreleye itu dan menarik perhatian banyak orang, demikian dikutip dari indy100.com.

Menurut situs mbari.org, ikan barreleye (Macropinna microstoma) biasanya hidup di kedalaman 600 hingga 800 meter dalam kegelapan total, karenanya ikan ini jarang kelihatan. Beruntung Tommy Knowles dan timnya yang tengah melakukan penyelaman, menemukan ikan langka tersebut.

Ikan Barreleye dapat tumbuh hingga berukuran 15 sentimeter (6 inci) dan hidup dengan pola makan zooplankton, termasuk krustasea dan siphonophores. Ikan ini bisa ditemukan di Laut Bering, Jepang, dan Baja California.


“Dua lekukan kecil di mana mata biasanya muncul pada ikan sebenarnya adalah organ penciuman barreleye, dan matanya adalah dua bola hijau bercahaya di belakang wajahnya yang menatap ke atas kepalanya,” menurut MBARI.Baca Juga: Unik! Peneliti Temukan Ikan yang Memiliki Jidat Transparan
Usianya Terus Bertambah, Kemampuan Memori Sotong Tidak Menurun



“Matanya melihat ke atas untuk melihat mangsa favoritnya—biasanya krustasea kecil yang terperangkap di tentakel siphonophores—dari bayang-bayang yang mereka pancarkan di bawah sinar matahari yang redup dari atas.”

Mungkin sobat agri bertanya-tanya, bagaimana ikan bisa memakan mangsanya jika matanya terus melihat ke atas. Ternyata, peneliti MBARI pada tahun 2009 mampu membuktikan bahwa ikan itu mampu memutar matanya ke arah depan untuk melihat makanannya saat makan.

Video Terkait