Ini Dampak Besar Kawin Silang Salmon Liar dengan Salmon Budidaya

Ilustrasi - Dampak Kawin silang ikan salmon.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 24 Desember 2021 | 14:00 WIB

Sariagri - Ilmuwan dari Norwegian Institute for Nature Research and Rådgivende Biologer menemukan fakta kawin silang antara ikan salmon budidaya dan salmon liar telah mengubah siklus hidup salmon liar. Hasil temuan itu telah diterbitkan di jurnal Science Advances.

Dalam risetnya, para ilmuwan mengumpulkan dan mempelajari sisik dari 6.900 salmon Atlantik liar dewasa yang hidup di 105 sungai di Norwegia pada periode 2010-2017. Mereka menganalisis setiap pola sampel dan melakukan tes genetik untuk mempelajari sejarah genetik itu.

Para ilmuwan melihat ikan salmon liar yang mempunyai nenek moyang ikan salmon budidaya akan merasakan dampak besar di awal kehidupan untuk bisa beradaptasi di air asin. Mereka juga menemukan salmon liar hasil perkawinan silang dari ikan budidaya memiliki umur (siklus hidup) lebih cepat dan kembali ke sungai lebih awal untuk bertelur.

“Secara keseluruhan para ilmuwan menemukan bahwa salmon betina dengan nenek moyang salmon budidaya akan tumbuh dewasa 0,29 tahun lebih awal dari pada ikan salmon liar tanpa nenek moyang salmon budidaya, dan untuk jantan adalah 0,43 tahun,” ujar penelitian itu dikutip phys.org.

Baca Juga: Ini Dampak Besar Kawin Silang Salmon Liar dengan Salmon Budidaya
Pencairan Gletser Diprediksi Ciptakan Habitat Baru Salmon Pasifik Seluas Ribuan Mil

Para ilmuwan meyakini proses pematangan usia (siklus hidup) ikan salmon yang dipercepat menimbulkan risiko lebih tinggi dari pemangsa karena ikan salmon kurang dilengkapi dengan baik untuk menghindari predator besar seperti hiu atau halibut. Bahkan, riset sebelumnya mencatat salmon liar dengan nenek moyang salmon budidaya memiliki sifat tidak terlalu takut dengan predator.

Kesimpulan riset itu menyebutkan, dampak keseluruhan dari perkawinan silang salmon budidaya dan salmon liar akan mengakibatkan pengurangan populasi salmon liar di sejumlah daerah.

Video terkait:

 

Video Terkait