1.000 Ekor Ikan Koki Dibagikan Gratis oleh Peternak untuk Anak-anak Pengungsi Korban Erupsi Semeru

Ikan Koki dibagikan gratis. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 15 Desember 2021 | 21:30 WIB

Sariagri - Terketuk hati ingin berempati dengan korban erupsi semeru di posko pengungsian Lumajang, Jawa Timur, sekelompok peternak ikan hias asal Kabupaten Blitar datang membagikan seribu ekor ikan.

Para peternak asal Desa Karangrejo, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar ini datang mengendarai mobil bak terbuka dengan mengangkut ikan hias dalam plastik besar, seribu ikan hias koki itu kemudian dibuka dalam beberapa wadah dan dibagikan gratis kepada warga dan anak-anak bernasib kurang beruntung yang tinggal di posko pengungsian.

Kordinator peternak ikan hias Blitar, Hendro Suseno mengatakan aksi solidaritas bag-bagi ikan koki gratis bertujuan untuk memberi semangat sekaligus berbagi kebahagiaan.

“Hari ini kami bagikan seribu ekor ikan koki gratis kepada warga dan anak-anak terdampak erupsi semeru. Semoga bisa memberi arti bahagia dan semangat bagi mereka, sebab dengan memandangi ikan koki hati bisa tenang dan termotivasi, “ beber kordinator peternak ikan hias Blitar, Hendro Suseno kepada Sariagri, Rabu (15/12/2021).

Ia menambahkan sedekah ikan koki diharapkan juga dapat memacu gairah anak-anak di pengungsian dalam menyambut aktifitas belajar di sekolah tenda darurat. Selain itu, imbuhnya, juga bisa turut meredakan kesedihan mereka dengan cara memelihara satwa ikan hias.

Hendro tak menyangka jika sambutan warga dan anak-anak di pengungsian begitu hangat dan menggembirakan. Hanya dalam tempo waktu satu jam, seribu ekor ikan koki langsung habis dibagikan.

Ia menyebut aksi berbagi ikan hias gratis ini sudah kali kedua yang dilakukannya. Minggu lalu, ia datang membawa seribu ekor ikan koki untuk dibagikan kepada warga dan anak-anak di pengungsian di wilayah Pronojiwo.

“Ini sudah yang kedua kali datang membawa ikan koki untuk dibagikan kepada anak-anak dan warga di pengungsian. pekan lalu kami para peternak ikan hias datang di kecamatan pronojiwo, sekarang di posko pengungsian kecamatan candipuro, “ terangnya.

Sementara itu, dalam kegiatan sosial ini, tidak hanya warga dan anak-anak di pengungsian yang bergantian mengambil ikan, anggota TNI-Polri serta Basarnas juga tak ketinggalan turut serta mendapatkan jatah ikan gratis.

“Alhamdulillah, ikan-ikan cantik ini besok akan saya bawa pulang untuk kado anak perempuan saya di rumah. Ia sudah lama rindu, ingin bertemu dengan ayahnya karena sudah 10 hari lebih tugas di Lumajang dan belum pulang, “ ujar, salah seorang anggota TNI yang bergegas pergi setelah mendapat sekantong plastik ikan koki.  

Baca Juga: 1.000 Ekor Ikan Koki Dibagikan Gratis oleh Peternak untuk Anak-anak Pengungsi Korban Erupsi Semeru
Ini Rekomendasi Pakan Alami Ikan Louhan, Bikin Jenong dan Warnanya Semakin Cantik

Di sisi lain, Elva Risa, seorang anak di pengungsian mengaku sangat gembira mendapatkan ikan koki gratis. Ikan hias tersebut akan dimasukan dalam gelas kaca milik kakaknya sebagai pengobar semangat.

Elva berharap agar kakaknya yang hilang terpisah dengan keluarga saat terjadi erupsi, bisa segera ditemukan.

“Empat ekor ikan koki ini akan saya bagi dalam dua gelas, masing-masing dua ekor. Satu gelas punya kakak yang hingga kini belum ditemukan. Semoga bisa segera ketemu, “ ujarnya.

 

Video Terkait