Keren! Di Restoran Ini, Pengunjung Makan Ditemani Ratusan Ikan Koi yang Berenang di Lantai

Restoran unik yang lantainya dikelilingi ikan koi. (Reddit)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Reza P - Rabu, 15 Desember 2021 | 17:50 WIB

Sariagri - Ingin menikmati pengalaman dan suasana tempat makan unik dan tidak biasa? Restoran di Thailand bernama Sweet Fishs Café ini mungkin jawabannya. Di tempat ini, pengunjung dapat menyantap hidangan bersama ratusan ikan koi yang berenang bebas dalam restoran.

Sweet Fishs Café adalah tempat unik di kota Khanom, Thailand, di mana orang dapat berjalan melewati perairan setinggi mata kaki yang dipenuhi puluhan ikan koi. Karena keunikannya, restoran ini pun viral di media sosial sejak bulan lalu, ketika sebuah video pendek tentang restoran ini viral di Reddit.

Dari sana, video itu menyebar luas, dibagikan ribuan kali di Facebook dan Instagram, dan bahkan diambil oleh outlet berita internasional. Namun, lokasi kafe awalnya tidak pernah terungkap.

Beberapa sumber berspekulasi bahwa tempat itu terletak di suatu tempat di Vietnam, mungkin karena daya tarik negara Asia dengan ikan koi, tetapi pencarian Google sederhana mengungkapkan bahwa Sweet Fishs Café sebenarnya berada di Khanom, Thailand.

Rupanya, tempat yang tidak biasa itu adalah bagian dari Ton Than Resort and Spa, resor wisata populer dengan sejarah lebih dari 14 tahun. Pemiliknya, Yosaphol Jitmung, mengatakan kepada MGR Online bahwa Sweet Fishs Café dirancang sebagai “magnet wisata” untuk menarik pengunjung selama pandemi Covid-19 yang sulit ini. Ide tersebut terbukti sukses besar.

Melansir Oddity Central, Yosaphol Jitmung mengakui bahwa dia terinspirasi oleh restoran Kopi Amix asli, di Vietnam, yang mengusung konsep serupa. Meski di Vietnam konsep itu menuai perdebatan, ia  melihat konsep unik itu harus ia coba di Thailand.

Ia menyebut, salah satu tantangan terbesar dalam menerapkan konsep ini adalah sistem filtrasi. Empat filter kolam besar bekerja 24 jam sehari, dan staf mengganti air setiap pagi, sebelum jam buka, dan di malam hari setelah pelindung terakhir pergi.

Pengunjung diminta untuk melepas alas kaki dan mendisinfeksi kaki mereka sebelum memasuki kafe, serta tidak menyentuh ikan atau mengganggu mereka dengan cara apa pun. Baca Juga: Keren! Di Restoran Ini, Pengunjung Makan Ditemani Ratusan Ikan Koi yang Berenang di Lantai
Viral Gerobak Bakso Tumpah Kesenggol Truk, Warga Sekitar Buat Warganet Takjub



Ikan koi merupakan mayoritas ikan Sweet Fishs Café, karena mereka eye-catching dan umumnya tidak takut orang, tetapi ada juga "ikan dokter" yang menggigit kulit mati, serta spesies lainnya.

Yosaphol Jitmung mengatakan bahwa dia menginvestasikan sekitar 400.000 baht ($ 12.000) di Sweet Fishs Café sejauh ini,  dan sebagian besar investasi untuk membeli ikan dan sistem penyaringan.

Video Terkait