Wajib Tahu! Begini Cara Mengobati Ikan Discus yang Mengalami Stres

Ilustrasi ikan discus (Pxhere)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 14 Desember 2021 | 18:00 WIB

Sariagri - Ikan discus merupakan salah satu ikan hias yang indah dan sering dipelihara oleh masyarakat tanah air. Sebab, ikan ini memiliki corak berwarna-warni dan bentuk yang lucu. Meski demikian, banyak para penghobi banyak yang menyatakan bahwa ikan satu ini sulit untuk dipelihara.

Ada sejumlah faktor yang membuat banyak orang beranggapan ikan hias discus sulit dipelihara, salah satunya adalah ikan discus mudah stress sehingga dapat mati secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan ikan discus tergolong ikan yang cukup rawan terkena penyakit.

Untuk membuatnya sehat kembali, begini cara mengobati ikan discus yang mengalami stres:

1. Lakukan Pergantian Air yang Benar

Jika salah dalam pergantian air, maka ikan discus akan lebih mudah stres. Saat melakukan pergantian air, kamu harus menyamakan suhu air yang baru dengan air yang lama. Selanjutnya lakukan pergantian air maksimal 50 persen, supaya ikan tidak kaget. Tanda ikan discus terlihat stres adalah tidak mau makan, sirip menutup dan cenderung lemas.

Baca Juga: Wajib Tahu! Begini Cara Mengobati Ikan Discus yang Mengalami Stres
Asal Usul Pasar Ikan Hias Parung yang Jadi Terbesar se-Asia Tenggara

2. Gunakan Obat Bubuk

Untuk mengobati ikan discus yang terlihat stres seperti tidak mau makan, sirip menutup dan cenderung lemas. Untuk mengobatinya kamu bisa menggunakan obat bubuk khusus untuk ikan hias yang mengandung bahan aktif Nifurstyrenat-Sodium. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko aquarium. Berikan dosis 100 gram obat bubuk untuk 100 liter air, lalu tambahkan satu sendok garam.

3. Hindari Penggunaan Filter yang Mengandung Arang

Penting untuk menghindari filter yang mengandung arang. Kamu cukup gunakan filter dengan kapas putih saja selama pengobatan. Setelah 3 smapai 5 hari, siapkan air tanpa obat bubuk dan atur suhu di 30 hinggga 32 derajat Celcius. Kemudian tambahkan 1 garam sendok. Lakukan pergantian air seminggu sekali.

Video Terkait