Miliki Kesamaan, Ini Bedanya Cumi-cumi dengan Sotong

Ilustrasi cumi-cumi (Foto: Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 13 Desember 2021 | 15:20 WIB

Sariagri - Ketika berbelanja di pasar, seringkali pembeli terkecoh melihat sotong yang dikira cumi. Kedua binatang ini memang terlihat mirip saat dipajang oleh penjual ikan.

Dilansir dari dkpp.bulelengkab.go.id, cumi-cumi dan sotong merupakan Cephalopoda yaitu hewan dengan bagian kepala (kaphale) dan kaki (podos) menempel. Hewan lainnya yang masih satu keluarga dengan mereka adalah gurita dan nautilus.

Cumi-cumi dan Sotong Miliki Kesamaan

Ilustrasi Sotong. (News sky)
Ilustrasi Sotong. (News sky)

Cumi dan sotong memiliki kesamaan lain seperti dapat melakukan kamuflase dengan mengeluarkan tinta hitam dari tubuhnya. Kedua hewan ini paling mudah dibedakan ketika masih dalam keadaan hidup.

Ukuran tubuh cumi lebih kecil dari sotong. Biasanya cumi berukuran 5,1 cm tapi tergantung pada jenisnya. Adapun cumi terbesar di dunia memiliki ukuran 15 meter.

Cumi memiliki 10 tentakel dan mata besar di bagian kanan dan kiri tubuhnya. Bentuk cumi adalah panjang dan runcing serta terdapat sirip kecil di bagian belakangnya.

Sedangkan sotong memiliki ukuran 25 cm saat ditangkap. Bentuknya panjang dan lebih pipih dari cumi. Total tentakel sotong adalah 10 tetapi dua diantaranya memiliki alat penghisap yang digunakan untuk menangkap mangsa.

Baca Juga: Miliki Kesamaan, Ini Bedanya Cumi-cumi dengan Sotong
Salut! Video Viral Puluhan Cumi-cumi Terdampar Diselamatkan Warga, Warganet: Lain Cerita Kalo di Wakanda

Cumi segar akan berwarna putih cerah. Untuk memasak cumi hindari yang sudah berwarna merah muda atau kuning. Sedangkan sotong segar memiliki warna putih dengan beberapa bintik hitam.

Kandungan protein 300 gram cumi mencapai 48 gram. Sementara itu 300 gram sotong mengandung 28 gram protein. Selain itu, keduanya mengandung kalsium, zat besi, magnesium dan natrium.

Video Terkait