Kenapa Ikan Cupang Mengeluarkan Gelembung? Begini Penjelasannya

Ilustrasi ikan cupang (Foto: Unsplash)

Editor: Dera - Sabtu, 11 Desember 2021 | 12:00 WIB

Sariagri - Ikan cupang menjadi peliharaan yang digemari selama pandemi. Coraknya yang unik serta daya tahan hidupnya yang kuat menjadi pemilik ikan ini tidak perlu repot ketika memeliharanya.

Ketika akuarium cupang dibersihkan mungkin akan menjengkelkan melihat airnya cepat keruh, tidak menutup kemungkinan, pemelihara juga akan kaget ketika melihat banyak gelembung di permukaan air akuarium.

Dilansir dari berbagai sumber, ketika melihat banyaknya gelembung di permukaan air jangan terburu-buru untuk membersihkannya. Gelembung tersebut wajar terjadi dan biasa dibuat oleh cupang jantan.

Benarkah gelembung tanda ikan cupang bahagia? 

Gelembung tersebut dapat menjadi tanda bahwa ikan cupang tersebut sehat dan bahagia. Namun tidak ada gelembung bukan berarti cupang tidak bahagia dan sehat.

Gelembung tersebut merupakan sarang yang dibuat oleh cupang jantan. Dia bisa membuat sarang tersebut setiap minggu, bulan bahkan setiap hari.

Ketebalan sarang gelembung itu juga tidak dapat dipastikan. Biasanya dapat mencapai satu inci bahkan memenuhi semua sudut akuarium.

Dilansir dari Animals.mom.com, gumpalan gelembung tersebut juga bisa menjadi tanda jantan yang sudah siap untuk mencari jodoh. Langkah pertama mereka adalah dengan membangun sarang gelembung di mana keturunanny akan hidup sampai mereka cukup dewasa untuk berenang sendiri.

Kebanyakan cupang jantan membangun sarang gelembung terlepas dari apakah ada betina di sekitarnya atau tidak.

Cupang jantan biasanya mulai membangun sarang gelembung segera setelah mereka cukup besar untuk bereproduksi yakni antara usia delapan dan 12 minggu. Di alam liar, mereka pertama kali akan membangun wilayahnya melalui pertempuran dengan cupang jantan lainnya.

Ketika mengintai wilayahnya, cupang jantan akan mulai membangun sarang dengan menghirup udara di permukaan air dan memuntahkan gelembung yang terbuat dari air liur. Dia akan melakukan ini secara berurutan, terkadang selama berjam-jam sampai sarangnya selesai.

Baca Juga: Kenapa Ikan Cupang Mengeluarkan Gelembung? Begini Penjelasannya
Omzet Peternak Ikan Cupang di Kediri Naik 300 Persen Selama Pandemi

Setelah kawin dengan cupang betina, telur akan ditangkap dan dipegang oleh gelembung di sarang.

Jangan khawatir ketika cupang hidup sendiri di akuarium dan membuat sarang gelembung. Ketika itu terjadi artinya cupang jantan menganggap akuriumnya sebagai wilayahnya dan merasa sehat untuk bertelur.

Ketika gelembung hanya sedikit tidak perlu dikhawatirkan. Jika tangki ikan memiliki filter yang menghasilkan sedikit arus, ini dapat mencegah cupang membangun sarang. Tidak semua cupang cenderung membangun sarang gelembung secara teratur.

Video Terkait