Selain Uang, Ikan Hasil Pancingan Disumbangkan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Para mancing mania lakukan sumbangan untuk para korban Semeru. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 10 Desember 2021 | 16:40 WIB

Sariagri - Aksi keprihatinan dan solidaritas terhadap korban bencana alam yang terjadi akibat erupsi gunung semeru di Kabupaten Lumajang, ditunjukkan oleh kelompok pemancing di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Para penghobi mancing mania ini melakukan penggalangan dana secara spontan yang nantinya akan disalurkan langsung pada korban erupsi gunung semeru di sejumlah lokasi pengungsian di Lumajang.

Pemilik kolam pancing Tlogomas, Sugiharto mengatakan ratusan anggota kelompok pemancing yang tergabung dalam organisasi Federasi Olah Raga dan Rekreasi Mancing (Formasi) Ngawi melakukan aksi penggalangan dana bagi korban bencana erupsi Gunung Semeru.

“Upaya penggalangan dana ini, kami lakukan setiap hari terhitung mulai hari ini sampai nanti tanggal 20 Desember. Aksi ini dilakukan secara sukarela tanpa paksaan dan tidak ada batasan nominal, bebas sesuai dengan kemampuan para pemancing, “ tutur Pemilik kolam pancing Tlogomas, Sugiharto kepada Sariagri, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga: Selain Uang, Ikan Hasil Pancingan Disumbangkan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru
Merinding! Merasa Aneh Dengan Suasana Memancing Pria Ini Tak Berani Bawa Ikan Pulang



Ia menambahkan penggalangan dana dengan cara berkeliling ke sekitar para pemancing sambil membawa kardus ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan terhadap para korban bencana erupsi gunung semeru.

Rencananya dana yang terkumpul di hari akhir penggalangan akan langsung disalurkan bagi para korban di lumajang.

“Berapapun hasil yang terkumpul nantinya, kami para pengurus formasi akan menyerahkan langsung ke Lumajang pada tanggal 21 Desember nanti. Semoga bantuan sedikit dana dari penggalangan ini bisa bermanfaat bagi para warga disana, “ ucapnya.

Aksi peduli korban erupsi semeru ini mendapat apresiasi positif dari para pemancing. Harapan mereka, bentuk kepedulian ini bisa menggerakan nurani elemen masyarakat lainnya untuk membantu warga terdampak erupsi semeru di Lumajang.

“Saya optimis jika seluruh pemancing di Indonesia tidak hanya di Ngawi tergerak maka dana yang terkumpul bisa sangat banyak sekali. Di sekitar sini saja ada kolam tirta, lalu kolam legowo dan masih belasan kolam lainnya. Semoga penggalangan dana juga bisa diikuti elemen warga lainnya, “ ungkap, salah seorang pemancing, Agung Saptono dengan penuh semangat.

Menariknya, di tengah para pemancing mania, ada partisipan yang tidak hanya menyumbangkan uang, namun juga rela mendonasikan ikan hasil pancingan dengan berat total mencapai 10 kilogram (kg). 

"Ikan pancingan saya ini seluruhnya dari hasil penjualan saya sumbangkan untuk korban erupsi semeru. saya menantang pemancing lainnya untuk melakukan hal serupa, ini demi kemanusiaan, " tandas seorang pemancing yang enggan menyebutkan nama. 

Video Terkait