7 Khasiat yang Terkandung dalam Ikan Betok, Salah Satunya Mencegah Penurunan Daya Ingat

Ilustrasi Ikan Betok. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 6 Desember 2021 | 12:00 WIB

Sariagri - Ikan merupakan sumber protein baik, yang telah lama dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan. Salah satu diantara ikan yang banyak dikonsumsi, adalah ikan betok.

Ikan betok dengan nama latin Anabas Testudineus ini, banyak digemari masyarakat, karena memiliki rasa yang nikmat dan gurih. Di dalam seekor ikan betok, juga terkandung berbagai macam nutrisi penting bagi tubuh.

Senyawa dalam ikan betok diantaranya adalah, fosfor, omega 3, zat besi, kalsium dan protein. Berkat kandungan tersebut, menjadikan ikan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 khasiat tidak terduga dari ikan betok:

1. Mencegah pengeroposan tulang

Penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang, umumnya menyerang orang lanjut usia. Namun jika pola hidup yang kurang sehat, pengeroposan tulang bisa saja terjadi lebih cepat. Untuk itu mengkonsumsi kalsium sangatlah penting. Kalsium tidak hanya didapatkan dari produk olahan susu saja, tetapi dari produk olahan ikan betok. Kalsium yang dikandung ikan ini mampu mencegah osteoporosis.

2. Meningkatkan kecerdasan otak

Ikan betok adalah salah satu ikan yang mengandung senyawa omega 3. Sudah bukan rahasia lagi, jika omega 3 memiliki peranan penting dalam perkembangan otak, khususnya bagi anak-anak. Maka jika memiliki anak, jangan ragu-ragu untuk memberikan ikan betok sebagai menu sehari-hari, agar kebutuhan gizi mereka dapat terpenuhi.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Ikan dengan nama lain puyu ini, ternyata juga memiliki manfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Jika kamu mengalami luka, maka mengkonsumsi ikan betok menjadi salah satu cara memperbanyak pembentukan trombosit dalam darah, sehingga darah yang keluar menjadi berkurang dan luka pun menjadi cepat kering.

4. Membantu pembentukan otot

Apalagi untuk generasi millennials yang sedang mengikut latihan otot di gym, mengonsumsi ikan betok menjadi salah satu pendongkrak terbentuknya otot tubuh. Selain rutin latihan angkat beban, kamu bisa konsumsi ikan betok secara teratur dengan takaran yang tepat dan disesuaikan dengan kondisi tubuhmu.

5. Mencegah penurunan daya ingat

Selain meningkatkan kecerdasan, zat omega 3 yang dimiliki ikan betok juga mampu menghindari penurunan daya ingat. Penyakit ini memang kerap dialami oleh orang yang memasuki usia lanjut. Semakin tua seseorang, semakin menurun juga daya mereka. Oleh karena itu, untuk menghindari kepikunan sebaiknya kita mengonsumsi makanan kaya gizi seperti ikan betok sebagai bentuk pencegahan.

Baca Juga: 7 Khasiat yang Terkandung dalam Ikan Betok, Salah Satunya Mencegah Penurunan Daya Ingat
Kenapa Makan Ikan Salmon Jangan Digoreng? Ketahui Manfaatnya

6. Menambah nafsu makan

Siapa yang sangka, ikan betok juga berperan dalam menambah nafsu makan seseorang. Masalah ini biasanya menjadi kendala utama bagi orangtua karena menyikapi anaknya yang sedang tidak nafsu makan. Padahal, makan sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan mereka. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika menyajikan ikan betok dalam menu makanan anak-anak, agar nafsu makan mereka dapat meningkat.

7. Mencegah anemia

Zat besi yang dikandung ikan betok tergolong cukup tinggi. Zat ini sangat berperan penting dalam meningkatkan kadar hemoglobin di dalam sel darah merah, yang berfungsi mengikat oksigen didalam darah. Tercukupinya sel darah merah dalam tubuh, akan memberi manfaat dalam mencegah penyakit anemia. Meskipun terdengar sepele, penyakit anemia tidak boleh dianggap remeh.