Kenapa Makan Ikan Salmon Jangan Digoreng? Ketahui Manfaatnya

Ilustrasi ikan salmon. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 26 November 2021 | 14:00 WIB

Sariagri - Khasiat ikan Salmon sudah tidak diragukan lagi, ia disebut sebagai makanan yang sehat. Namun tidak banyak yang tahu bahwa Salmon memiliki khasiat luar biasa saat disajikan dalam keadaan mentah.

Tidak dimasak atau dalam keadaan mentah adalah cara terbaik untuk menyajikan Salmon. Ikan Salmon mentah biasanya disajikan dalam bentuk Sushi, namun jika tidak suka daging mentah, sebenarnya menumis Salmon dengan sedikit minyak juga diperbolehkan.

Pemasakan dengan suhu terlalu tinggi bisa mengurangi kadar omega-3 dan meningkatkan kadar lemak jenuhnya. Omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon sangat baik bagi kesehatan jantung.

Diketahui, kandungan nutrisi Salmon berasal dari plankton dan ganggang yang dikonsumsi ikan ini. Kandungan asam lemak dan nutrisi ikan salmon akan rusak, jika tidak diolah dengan benar.

Sejumlah penelitian menunjukkan, jika salmon digoreng atau direbus beberapa menit saja, maka kadar omega-3-nya berkurang hingga 14%, Salmon mentah yang akan dikonsumsi sebaiknya merupakan salmon segar yang tidak berbau anyir.

Ciri-ciri Ikan Salmon yang Segar

Untuk ciri-ciri lain ikan salmon segar yang segar dapat dilihat dari matanya. Mata ikan terlihat jernih dengan warna insang kemerahan. Tekstur daging juga menjadi penentu. Jika daging berwarna cerah, kenyal dan lembab bisa menjadi indikasi bahwa omega 3 yang terkandung di dalamnya sangatlah tinggi.

Ada beberapa saran penyajian kreatif yang bisa bikin kamu lebih menikmati Salmon mentah yaitu tren sarapan baru yang cukup unik yakni dengan mencelupkan salmon mentah atau sashimi segar ke dalam kopi. Kopinya bisa juga sesuai dengan selera, baik itu kopi susu ataupun kopi hitam.

Baca Juga: Kenapa Makan Ikan Salmon Jangan Digoreng? Ketahui Manfaatnya
Mengenal Monkfish, Ikan 'Hantu' yang Rasanya Lezat Mirip Lobster

Meski demikian, kita juga tetap harus waspada dalam mengonsumsi daging Salmon mentah karena dalam beberapa kasus, daging mentah mengelurkan cacing berukuran sangat kecil. Video terkait daging mentah Salmon yang mengeluarkan cacing kecil bahkan sempat viral di media sosial.

Seorang penikmat Salmon menggarami daging Salmon, lalu memperhatikan apa yang terjadi setelahnya. Ternyara ia menemukan cacing keluar dari daging Salmon. Untuk itu, mengkonsumsi daging Ikan Salmon mentah memang menyehatkan namun tetap harus berhati-hati! 

Video Terkait