Ternyata Ini Fungsi Terumbu Karang untuk Kehidupan di Laut dan Lingkungan

Ilustrasi terumbu karang (wikimedia)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Kamis, 25 November 2021 | 19:50 WIB

Sariagri - Terumbu karang merupakan sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanthellae. Secara ekosistem terumbu karang sebagian besar terdapat di perairan tropis, sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan hidupnya terutama suhu, salinitas, sedimentasi, Eutrofikasi dan memerlukan kualitas perairan alami (pristine).

Habitat Terumbu karang pada umumnya hidup di pinggir pantai atau daerah yang masih terkena cahaya matahari kurang lebih 50 meter di bawah permukaan laut.

Disis lain, beberapa tipe terumbu karang dapat hidup jauh di dalam laut dan tidak memerlukan cahaya, namun terumbu karang tersebut tidak bersimbiosis dengan zooxanhellae dan tidak membentuk karang.

Fungsi Terumbu Karang

Mengutip dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan, terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun secara ekonomi. Adapun manfaat yang terkandung dalam terumbu karang dapat diidentifikasi menjadi dua yaitu manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.

Manfaat dari terumbu karang yang secara langsung dapat dimanfaatkan oleh manusia adalah sebagai tempat hidup ikan yang banyak dibutuhkan manusia dalam bidang pangan, seperti ikan kerapu, ikan baronang, ikan ekor kuning, batu karang, pariwisata dan wisata bahari untuk melihat keindahan bentuk dan warnanya.

Baca Juga: Ternyata Ini Fungsi Terumbu Karang untuk Kehidupan di Laut dan Lingkungan
Kandas, Kapal Ini Diminta Ganti Rugi Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat

Tak hanya itu, terumbu karang juga bisa dijadikan sebagai objek peneltian dan pemanfaatan biota perairan lainnya yang terkandung di dalamnya.

Sedangkan yang termasuk dalam pemanfaatan terumbu karang secara tidak langsung adalah sebagai penahan abrasi pantai yang disebabkan gelombang dan ombak laut, serta sebagai sumber keanekaragaman hayati.