Salmon Atlantik Masuk Daftar Hewan Terancam Punah

Salmon Atlantik. (The Local)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 25 November 2021 | 14:20 WIB

Sariagri - Salmon Atlantik liar telah ditambahkan ke 'daftar merah', database spesies yang terancam, hampir dan punah di Norwegia untuk pertama kalinya setelah populasinya berkurang setengahnya selama 40 tahun terakhir.

Salmon merupakan ikon Norwegia yang digambarkan pada petroglif dan banyak ditampilkan dalam mitologi Nordik, telah diklasifikasikan sebagai "terancam" dalam daftar merah, yang dipatuhi oleh Species Data Bank, karena penurunan stok.

“Alasan utama spesies ini ada dalam daftar merah adalah karena kita telah melihat penurunan,” Snorre Henriksen, penasihat senior di Species Data Bank seperti dilansir dari The Local.

Kutu dan penyakit yang disebarkan oleh salmon ternak yang lolos dianggap sebagai alasan terbesar penurunan stok salmon di Norwegia, menurut pemantau spesies.

“Infeksi yang terkait dengan peternakan salmon juga merupakan ancaman yang signifikan,” Species Bank Data juga menulis dalam entri database tentang salmon Atlantik. Antara 1983 dan 2019, jumlah salmon dewasa yang kembali dari laut ke kolam pemijahan menurun 51 persen.

Hewan lain yang juga merupakan ikon Nordik, rusa kutub, juga akan ditambahkan ke daftar merah. Perambahan ke habitat rusa dianggap sebagai faktor yang paling mempengaruhi spesies tersebut. Baca Juga: Salmon Atlantik Masuk Daftar Hewan Terancam Punah
Viral Hiu Tutul Terjerat Jaring Nelayan di Lampung



Henriksen mengatakan bahwa Species Data Bank telah memperhatikan bahwa perubahan iklim mulai mengancam banyak spesies. “Perubahan besar menyebabkan banyak spesies terancam oleh perubahan iklim. Jadi ini adalah perubahan yang agak dramatis sejak terakhir kali (daftar diperbarui),” katanya.

Secara total, 333 spesies ditambahkan ke daftar, dan 309 telah dihapus. Ada 2.752 spesies dalam daftar, yang telah diperbarui untuk pertama kalinya sejak 2015. 

Video Terkait