Menyulap Cangkang Tiram Jadi Sumber Daya untuk Pembangkit Listrik Termoelektrik

Ilustrasi tiram. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Sariagri - Cangkang tiram biasanya hanya menjadi limbah yang banyak dibuang di daerah pesisir. Tapi di Korea Selatan, cangkang tiram sekarang bisa diubah menjadi sumber daya bernilai tinggi dan menghasilkan sumber pendapatan baru bagi warga desa-desa nelayan.

Sebuah fasilitas produksi baru akan didirikan untuk mendaur ulang cangkang tiram menjadi sumber daya bernilai tinggi untuk Pembangkit Listrik Termoelektrik, demikian dikutip dari koreabizwire.com.

Pemerintah kota Tongyeong akan menginvestasikan dana sebesar 15 miliar won (12,6 juta dolar AS) untuk membangun fasilitas daur ulang cangkang tiram di Kompleks Industri Umum Beopsong, yang diharapkan akan selesai dan beroperasi pada tahun 2023.




Pejabat kantor Provinsi Gyeongsang Selatan menjelaskan, fasilitas tersebut akan menggunakan kapur dari cangkang untuk menghasilkan desulfurizer gas buang yang digunakan untuk menyaring oksida belerang dalam gas yang dipancarkan ketika batu bara atau minyak bumi dibakar di pembangkit listrik termoelektrik.

Baca Juga: Menyulap Cangkang Tiram Jadi Sumber Daya untuk Pembangkit Listrik Termoelektrik
Raup Omzet Rp30 Juta per Bulan, Pemuda Desa Ini Berhasil Tekuni Kerajinan dari Limbah Akar Bambu



Juni lalu, pemerintah kota Tongyeong, Korea South-East Power Co. dan Koperasi Perikanan untuk Pertanian Tiram telah menandatangani perjanjian untuk produksi desulfurizer menggunakan cangkang tiram, serta mulai merancang cetak biru untuk pembangunan fasilitas itu bulan lalu. Jika fasilitas tersebut beroperasi, sekitar 100.000 ton cangkang tiram akan diproses setiap tahun.

Video Terkait



 

Video Terkait