Gawat! Stok Ikan Laut Dunia Kritis Akibat Overfishing

Ilustrasi memancing ikan di laut. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 22 November 2021 | 10:30 WIB

Sariagri - Populasi ikan laut dunia saat ini berada dalam kondisi kritis. Menurut sebuah penelitian yang didukung oleh miliarder Australia, Andrew Forrest, sekitar setengah dari stok ikan laut tersebut dinilai telah ditangkap secara berlebihan.

Yayasan Minderoo Forrest dalam sebuah laporan yang diterbitkan hari Minggu lalu menyebutkan, tingkat penurunan jumlah ikan laut dunia lebih buruk dari perkiraan sebelumnya yang hanya lebih dari sepertiga. Lebih jauh laporan tersebut mengungkapkan bahwa sepersepuluh stok ikan laut di seluruh dunia sekarang berada di ambang kehancuran, karena telah berkurang menjadi 10% dari jumlah aslinya.

Temuan ini dihitung didasarkan pada 48% dari total tangkapan ikan global yang memiliki data yang cukup. Sementara setengah lainnya tidak memiliki informasi untuk menjelaskan apakah proses penangkapan ikan mereka berkelanjutan atau tidak. Lebih dari 1.400 catatan stok ikan ini dinilai dari 142 negara, demikian dikutip dari bloomberg.com.

Perjalanan untuk mengisi kembali jumlah ikan yang berkurang itu tidak mudah. Laporan tersebut mencatat bahwa diperlukan waktu antara 3 hingga 30 tahun untuk memulihkan stok, dan di banyak tempat akan membutuhkan perbaikan besar-besaran.

Yayasan Minderoo Forrest merekomendasikan peningkatan intervensi dan investasi dari pemerintah, serta praktik audit dan manajemen yang lebih baik dari industri penangkapan ikan dunia.

Baca Juga: Gawat! Stok Ikan Laut Dunia Kritis Akibat Overfishing
Peneliti: Ikan Baronang Miliki Potensi untuk Dibudidayakan Secara Komersial



Andrew Forrest adalah orang terkaya ketiga di Australia dan ketua penambang bijih besi Fortescue Metals Group. Forrest menyelesaikan gelar PhD dalam ilmu kelautan dan memiliki minat yang tinggi di bidang pertanian pangan. Dia kini memperluas bisnisnya ke akuakultur dan memfokuskan sebagian besar pekerjaan yayasannya pada konservasi laut.

Video Terkait