Bermodal Rp300 Ribu, Peternak Ikan Koi Ini Berhasil Raup Omzet Rp80 Juta Per Bulan

Santoso peterna ikan koi bermodal Rp300 ribu (Youtube Perintis)

Editor: Dera - Sabtu, 20 November 2021 | 15:30 WIB

Sariagri - Santoso merupakan salah satu peternak ikan koi asal Sleman, Jawa Tengah yang berhasil. Bahkan dari kesuksesannya tersebut membuat dirinya diundang ke Istana Negara. Namun perjuangan Santoso menjadi petani ikan koi tidaklah mudah, berbekal modal yang kecil dia mampu membuktikan keberhasilannya.

“Pertama ternak ikan koi di tahun 1997 dan modal pertama Rp300 ribu saya main ikan koi. Di tahun 1999 saya juara 1 tingkat kabupaten, tahun 2000 juara provinsi dan tahun 2004 saya juara nasional makanya saya dipanggil ke Istana,” ujarnya seperti dikutip Sariagri dari Channel Youtube Perintis, Sabtu (20/11/2021).

Santoso mengungkapkan bahwa dia tidak memiliki pengalaman di dunia ikan koi, bahkan dia mengaku saat awal memijahkan tiga ekor ikan semuanya berjenis kelamin betina. Hal itu membuktikan betapa ketidaktahuannya di dunia koi ini.

“Dulu awalnya sebelum main koi saya beternak ikan gurame dan nila merah, tetapi ikan konsumsi itu kita sangat tergantung sama pakan, akhirnya saya beralih ke ikan hias saya memilih koi karena warnanya bagus, unik dinilai dari kualitas warna dan polanya,” ungkapnya.

Tips sukses menjadi peternak ikan koi

Penanganan ikan koi, kata dia, berbeda dengan beternak ikan konsumsi. Dikatakannya, ikan koi merupakan ikan yang mudah stres, menurutnya perlu persiapan tempat karantina yang baik ketika panen dan cara menangkapnya yang juga harus berhati-hati.

“Pemberian pakan tidak boleh terlalu banyak, karena kalau banyak cenderung bentuk badannya kurang bagsus. Setelah kita melalukan proses penangkapan dari panen, saat menaruh di kolam juga diusahakan kualitas airnya cukup bagus baik dari oksigen terlarut maupun suhu air yang cukup (23-26 derajat),” kata peternak koi tersebut. 

Santoso menyebutkan bahwa ikan koi dari menetas hingga dijual membutuhkan waktu hingga tiga bulan dengan ukuran ikan 10-15 cm. Harga jual ikan dengan ukuran tersebut dan tentunya kualitas bagus dibanderol Rp100 ribu-Rp200 ribu per ekor.

“Untuk ikan koi data yang ada sampai saat ini sampai berumur 25 tahun, kalau kondisi ikan normal tidak kena penyakit rata-rata lima sampai 10 tahun itu masih aman,” imbuhnya.

Baca Juga: Bermodal Rp300 Ribu, Peternak Ikan Koi Ini Berhasil Raup Omzet Rp80 Juta Per Bulan
Bisnis Koi Di Garut Jawa Barat Seindah Warna Ikannya

Santoso menambahkan bahwa dahulu saat memulai dia hanya memiliki luas lahan untuk kolam sekitar 400 meter persegi, dan saat ini dirinya mampu mengelola lahan kolam seluas 1,7 hektare yang didapatnya dari beternak ikan koi.

“Dulu modal awal yang saya gunakan Rp300 ribu, otomatis setelah kita bisa mengembangkan kita merasakan ternyata usaha diikan koi ini sangat menguntungkan. Omzet per bulan rata-rata Rp70 juta - Rp80 juta,” tandasnya.

 

Video Terkait