Kisah Anak Muda Asal Sleman yang Jadi Pembudidaya Lele Karena Berita di Koran

Yuriko Maulana. (Tangkapan gambar Capcapung)

Penulis: M Kautsar, Editor: Reza P - Rabu, 17 November 2021 | 16:20 WIB

Sariagri -Jika kebanyakan anak muda memilih untuk menjadi pekerja kantoran selepas lulus kuliah, tidak demikian dengan Yuriko Maulana. Sebuah berita di Koran membuat Sarjana Ekonomi ini memilih untuk terjun memulai usaha budi daya lele setelah menyelesaikan pendidikannya.

"Ide bisnis berawal saat masih kuliah enggak sengaja baca berita di koran mengenai permintaan lele yang masih belimpah. Kemudian setelah lulus kuliah mencoba budidaya lele," kata dia dikutip dari Channel Youtube CapCapung, Rabu (17/11). 

Karena tidak memiliki dasar-dasar budidaya lele, Yuriko mengaku mencari berbagai referensi untuk mengembangkan usaha perikanannya itu.

"Karena tidak punya basic di bidang perikanan, otomatis saya harus mencari referensi-referensi, terutama yang menjadi kendala bagi lele di tahun-tahun pertama dan kedua," jelasnya. 

Pada awal memulai bisnis, Yuriko mengaku mengalami berbagai macam kegagalan, termasuk kematian bibit lele di dalam kolamnya. Namun, ia mengaku tidak langsung menyerah dan terus berusaha karena ingin memenuhi kuota kebutuhan lele di dalam negeri. 

"Kendala yang awal-awal adalah kegagalan mengenai jumlah kematian dan faktor-faktor yang tidak bisa kita kontrol termasuk cuaca itu saya rasakan pada tahun pertama dan kedua. Tapi saya tidak menyerah karena seperti yang saya baca sebelum budidaya saya tetap memiliki hasrat untuk memenuhi kuota tersebut," jelas Yuriko.

Saat ini, ia tengah membudidayakan lele di lahan seluas 1.070 meter persegi dan dibagi menjadi dua kolam, yaitu kolam pembibitan dan konsumsi. Hal itu sengaja ia lakukan demi menjaga kualitas dari produk lele yang dihasilkan.

Selain pemisahan kolam, hal terpenting dalam budidaya lele menurut Yuriko adalah kualitas airnya. Ia mengatakan penting untuk melakukan treatment pada air pada saat budidaya lele.

Baca Juga: Kisah Anak Muda Asal Sleman yang Jadi Pembudidaya Lele Karena Berita di Koran
Kembali Ke Desa, Milenial Ini Bangun Bisnis Tambak Udang Vaname

"Seperti yang kita tahu bahwa salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesan budidaya lele adalah faktor airnya. Karena air adalah media utama hidup lele, dengan kita menjaga mutu air, otomats pertumbuhannya akan mengikuti seiring dengan mutu air tersebut," kata dia.

"Saat akan membudidayakan lele, penting untuk mentreatment air itu dulu. Sebab air itu sangat vital untuk budidaya lele ketika kita lalai akan pengurasan amonia dan kita tidak jeli melihat warna air otomatis lele itu akan mulai muncul amut bermunculan masalah-masalah seperti bakteri aeromonas atau penyakit moncong putih dan virus dan segala macam otomatis ketika lalai akan terjadi kematian massal dan itu yang sangat kita tidak inginkan," pungkasnya.