Tersesat, Lumba-lumba Indus yang Terancam Punah Berhasil Diselamatkan

Lumba-lumba Indus. (Independent)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 12 November 2021 | 15:00 WIB

Sariagri - Tim penyelamat satwa Pakistan belum lama ini berhasil menyelamatkan seekor lumba-lumba Indus yang terancam punah. Lumba-lumba itu tersesat di kanal yang sibuk di provinsi Sindh, Pakistan selatan dan berhasil dipindahkan ke tempat perlindungan dengan sebuah truk.

Spesies lumba-lumba Indus yang terancam punah biasanya ditemukan di sungai Indus Pakistan dan sebagian India. Lumba-lumba abu-abu itu dievakuasi menggunakan jaring oleh petugas penyelamat dan dievakuasi dalam truk, di mana air dipercikkan di sepanjang perjalanan sepanjang 82 kilometer untuk membuatnya tetap hidup.

"Kami harus mencoba membawanya ke sungai sesegera mungkin," kata Mir Akhtar Hussain Talpur, pejabat departemen margasatwa provinsi, kepada kantor berita Reuters selama perjalanan mereka.

Selama proses pemindahan, petugas harus menjaga kulit lumba-lumba selalu lembab sambil memastikan cairan tidak menghalangi lubang semburnya.

“Ketika kita membawa lumba-lumba yang diselamatkan ke sungai, kita harus sangat berhati-hati,” katanya, seperti dilansir Independent.

Lumba-lumba Indus juga dikenal sebagai lumba-lumba renang samping atau bhulan dalam bahasa Urdu dan sangat mirip dengan lumba-lumba Gangga yang ditemukan di India.

Spesies ini sekarang terancam punah dan telah menurun hingga 80 persen sejak tahun 1870. Sekarang hanya dapat terlihat di seperlima wilayah sungai Indus yang pernah dikuasainya.

Hingga tahun 2017, diperkirakan hanya tersisa sekitar 1.800 ekor lumba-lumba di kawasan tersebut.

Lumba-lumba ini juga terkenal unik karena mata mereka buta. Spesies yang moncongnya dipenuhi gigi ini tidak mampu membentuk gambar yang jelas di retina, namun mereka masih bisa merasakan cahaya. Menurut berbagai sumber, spesies unik ini menggunakan bio-sonar yang disebut echolocation untuk bergerak.

Baca Juga: Tersesat, Lumba-lumba Indus yang Terancam Punah Berhasil Diselamatkan
Langka dan Unik, Lumba-lumba Sungai Amazon Berwarna Merah Muda



Lumba-lumba Indus sekarang adalah cetacea paling terancam kedua di dunia dan terdaftar oleh International Union of Conservation of Nature (IUCN) sebagai spesies terancam punah.

Salah satu alasan utama di balik berkurangnya jumlah lumba-lumba Indus adalah penangkapan ikan yang ceroboh yang menghabiskan persediaan makanan mereka. Namun, terkadang lumba-lumba juga terjerat jaring ikan.

Video Terkait