Mengenal Lebih Jauh Ikan Arwana Mulai dari Budi daya Hingga Manfaat

Ikan Arwana Jardini. (Foter)

Editor: M Kautsar - Kamis, 11 November 2021 | 20:30 WIB

Sariagri - Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar, ikan yang berasal dari Asia Tenggara ini banyak ditemukan di Indonesia serta memiliki banyak penggemar dari kalangan penghobi hingga pembudidaya.

Karena kepopuleran ikan arwana harga jualnya pun cukup tinggi, di mana harga untuk kualitas terbaik bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekor. Maka dari itu budidaya ikan arwana bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Lantas apa saja langkah yang harus ditempuh dalam budidaya ikan arwana di rumah, simak ulasan berikut yang dikutip Sariagri dari channel Youtube Agropedia, Kamis (11/11).

Bagaimana langkah budi daya ikan arwana?

Langkah pertama yang perlu disiapkan dalam budi daya ikan arwana adalah akuarium, siapkan pula kelengkapan budidayanya seperti alat pengukur suhu, heater, filter, air, dan lampu penerang.  Selanjutnya tentukan jenis ikan arwana yang akan dibudidayakan.

Begitu banyak jenis ikan arwana yang ada di Indonesia, namun jika ingin keuntungan yang besar pilihlah jenis arwana super red untuk dibudidayakan karena harganya yang sangat tinggi. Untuk ikan dewasa super red bisa dihargai Rp6 juta rupiah sedangkan untuk benihnya bisa mencapai Rp1 juta.

Langkah berikutnya dalam budidaya ikan arwana yaitu menentukan kualitas indukan arwana, karena sangat berpengaruh terhadap hasil panen atau keuntungan dalam budidaya arwana. Ciri indukan yang baik adalah ikan telah mencapai usia lima tahun.

Untuk membedakan ikan arwana jantan dan betina, dapat dilihat dari bentuk tubuh dan kepalanya. Bila tubuh dan kepalanya kecil maka bisa dipastikan ikan tersebut berjenis kelamin betina. Perhatikan secara seksama perilaku ikan arwana yang ada akuarium, apabila ada dua ikan yang berlainan jantan dan betina, lalu sering berenang bersamaan maka ikan arwana tersebut telah menemukan pasangannya.

Pisahkan ikan arwana yang telah berpasangan tersebut ke dalam akuarium berbeda, dan berikan kenyamanan untuk dia berkembangbiak. Langkah berikutnya dalam budidaya ikan arwana adalah membesarkan benih, benih tersebut biasanya berukuran 1 centimeter. Agar pertumbuhan benih baik perlu diberikan pakan berupa cacing sutera.

Setelah benih berukuran kurang lebih 12 cm, maka benih tersebut sudah dapat dipisahkan dari indukan. Hal tersebut harus dilakukan agar ikan arwana tidak dimakan oleh induknya sendiri di saat dia lapar.

Dalam memelihara benih ikan arwana hingga berukuran 25-45 cm dan menghasilkan warna yang baik, maka lakukan penjemuran pada saat pagi hari karena sinar matahari pagi mampu membentuk warna alami pada ikan arwana.

Berapa lama waktu budi daya ikan arwana?

Budi daya ikan arwana memang perlu ketelitan dan kesabaran karena memakan waktu yang cukup lama. Pematangan seksual atau alat kelamin dari bentuk telur hingga dewasa membutuhkan waktu 2-4 tahun. Jumlah telur yang dihasilkan pun relatif sedikit yaitu antara 20-90 butir telur, sementara waktu mengerami telurnya juga tergolong lama yaitu 50 hari.

Manfaat memelihara ikan arwana di rumah

Dalam bahasa Mandarin, ikan arwana memiliki nama shui long atau juga bisa disebut sebagai ikan naga. Banyak sekali cerita tradisional yang mengisahkan bahwa ikan ini bisa memberikan keberuntungan bagi siapapun yang merawatnya karena memiliki bentuk yang menyerupai sebuah naga Cina.

Ikan arwana sering sekali dikaitkan dengan kimliong atau juga dikenal dengan nama naga emas. Hal ini merupakan salah satu dasar mengapa ikan arwana dijadikan salah satu lambang kesuksesan dan juga kejayaan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Ikan Arwana Mulai dari Budi daya Hingga Manfaat
Regulasi Baru KKP Soal Jenis Ikan Dilindungi Dinilai Rugikan Pedagang Arwana

Manfaat lainnya yaitu, ikan arwana yang bergerak aktif di dalam akuarium dapat membuat syaraf-syaraf dan juga pikiran menjadi lebih rileks. Hal ini akan menyebabkan stres serta tekanan yang dimiliki dapat berkurang.

ikan arwana dipercaya sebagai salah satu jenis ikan keramat yang memiliki manfaat sangat penting dalam hal mendatangkan rezeki. Hal ini tidak lain merupakan kepercayaan dari kalangan masyarakat sejak jaman dahulu.

Video Terkait