Budidaya Udang Vaname di Lebak untuk Atasi Kemiskinan Ekstrem

Ilustrasi - Udang vaname.(KKP)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 9 November 2021 | 13:10 WIB

Sariagri - Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Nelayan Kecil pada Dinas Perikanan Kabupaten Lebak, Rizal Ardiansyah mengatakan budidaya udang vaname berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir untuk mengatasi kemiskinan ekstrem di daerah itu.

"Klaster tambak budidaya udang vaname itu berhasil mengungkit ekonomi masyarakat setempat, ujarnya.

Dikatakan Rizal, pemerintah daerah mendorong masyarakat pesisir mengembangkan tambak budidaya udang vaname karena permintaan pasar yang cenderung meningkat sehingga dipastikan akan menguntungkan.

Saat ini harga udang vaname berkisar antara Rp60 ribu - Rp90 ribu per kg tergantung ukuran. Budidaya udang vaname bisa menghasilkan panen sekitar 25 ton dengan perguliran nilai miliaran rupiah untul luas 1.800 meter persegi.

Pembudidaya udang vaname bisa memanen selama tiga bulan dan kebanyakan dipasok ke Jakarta dan Tangerang.

"Kami mendorong warga pesisir dapat mengembangkan klaster tambak budidaya udang vaname, selain ikan tangkapan guna meningkatkan pendapatan ekonomi," kata Rizal.

Populasi budidaya udang vaname di pesisir selatan Kabupaten Lebak masuk kategori terbaik di dunia karena kualitas air di perairan Selat Banten yang berhadapan dengan Perairan Samudera cukup bagus dan alami.

Dia meyakini ke depan pesisir selatan Kabupaten Lebak mulai Pantai Binuangeun hingga Sawarna akan dibanjiri investor pemodal udang vaname, terlebih adanya Jalan Tol Serang-Panimbang. Udang vaname berpeluang diekspor ke sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat.

Baca Juga: Budidaya Udang Vaname di Lebak untuk Atasi Kemiskinan Ekstrem
Tak Ada Lagi Penghalang, Peluang Emas Udang Indonesia Kuasai Pasar AS

"Kami meyakini pesisir selatan menjadikan sentra penghasil udang vaname terbesar di Indonesia, karena didukung lahan yang luas," katanya.

Keberadaan klaster budidaya tambak udang memberikan multiefek cukup besar terhadap pendapatan ekonomi masyarakat pesisir dan mendorong wisata perikanan. Saat ini, minat masyarakat pesisir mengembangkan tambak budidaya udang vaname cukup besar.

Video terkait: