Langka dan Unik, Lumba-lumba Sungai Amazon Berwarna Merah Muda

Ilustrasi - Lumba-lumba merah muda Sungai Amazon.(Wikimedia)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 7 November 2021 | 21:30 WIB

Sariagri - Lumba-lumba umumnya berwarna abu-abu. Namun di Sungai Amazon terdapat lumba-lumba air tawar yang sangat unik karena berbeda dengan pada umumnya. Bukan abu-abu, warna lumba-lumba di Amazon adalah merah muda atau pink.

Dilansir How Stuff Works, lumba-lumba sungai Amazon (Inia geoffrensis) yang juga dikenal sebagai boto, adalah raksasa di antara genusnya. Panjang lumba-lumba ini bisa mencapai 8 kaki (2 meter) dengan berat sekitar 450 pon (204 kilogram).

Ukuran bukan satu-satunya pembeda lumba-lumba sungai Amazon. Lumba-lumba air tawar yang hidup di sungai Amerika Selatan dan danau sementara yang disebabkan banjir musiman, sangat istimewa karena warnanya mencolok yaitu merah muda.

Meski terlahir abu-abu, jantan dari spesies ini akan mudah diidentifikasi saat mereka memasuki usia dewasa, dimana warnanya berubah menjadi pink atau merah muda.

Warna lumba-lumba ini tidak biasa, kadang seluruhnya merah muda dan kadang berbintik-bintik dengan noda abu-abu. Semakin kuat warna merah lumba-lumba pejantan, daya tariknya lebih kuat bagi pasangan betinanya. Selain itu, warna merah muda juga semakin mencolok ketika lumba-lumba semakin tua.

Baca Juga: Langka dan Unik, Lumba-lumba Sungai Amazon Berwarna Merah Muda
Spesies Baru Ubur-Ubur Berwarna Merah Darah Ditemukan di Bawah Laut



Tentang warna unik ini, ada teori menyebut lumba-lumba Amazon berwarna mirip salmon agar lebih mudah berbaur dengan lingkungannya. Selama hujan lebat, sungai di sepanjang hutan hujan Amazon berubah menjadi merah atau merah muda keruh. Dengan warna merah mudanya, lumba-lumba jantan lebih mudah menyamarkan dirinya.

Lumba-lumba merah muda Sungai Amazon merupakan satu dari lima spesies lumba-lumba yang hidup di sungai air tawar. Lumba-lumba ini berkerabat jauh dengan lumba-lumba laut yang beradaptasi dengan air asin. Selain warna merah muda, lumba-lumba sungai Amazon memiliki fitur lain yang membedakan dari lumba-lumba air asin. Berbeda dengan lumba-lumba laut yang memiliki sirip punggung menonjol, lumba-lumba sungai merah muda memiliki punuk sebagai gantinya.

Sistem lahan basah Amazon yang dialiri sungai Amazon menjadi habitat bagi lumba-lumba merah muda untuk berkembang biak. Sejak tahun 2018, lumba-lumba pink telah diberikan status dilindungi secara internasional. Daerah ini menjadi rumah bagi beragam spesies langka tanaman, burung, reptil, mamalia dan amfibi yang sejauh ini telah dikatalogkan.

Video terkait:

Video Terkait