Cupang Nemo, Si Lincah dengan Warna Menawan

Cupang nemo. (Foto: Pixabay)

Editor: M Kautsar - Kamis, 4 November 2021 | 13:40 WIB

Sariagri - Ikan cupang menjadi salah satu hewan yang banyak dibudidayakan masyarakat selama pandemi Covid-19. Karyawan yang bergerak di sektor industri hiburan hingga mahasiswa berlomba-lomba membudidayakan ikan ini. Tren ikan cupang terus berlanjut hingga memunculkan sejumlah kompetisi yang digelar secara online.

Dari berbagai perlombaan itu muncul salah satu ikan cupang yang menyimpan daya tarik. Ikan tersebut yaitu cupang nemo.

Cupang nemo memiliki daya tarik pada corak warnanya yang mencolok. Selain itu bentuk tubuh ikan ini juga memiliki keunggulan.

Ilustrasi ikan cupang. (Foto: Sariagri/Jayadi)
Ilustrasi ikan cupang. (Foto: Sariagri/Jayadi)

Bagaimana sebetulnya cupang nemo ini muncul?

Dilaporkan Nice Beta Thailand, ikan cupang nemo muncul pada sekitar 2016. Peternak ikan bernama Rattapon Patumtong yang bekerja di bawah pengawasan Aquastar71 menggabungkan beberapa jenis ikan cupang.

Nama cupang nemo ini dipilih karena terinspirasi salah satu judul film yang sempat populer, Finding Nemo. Film yang dibuat oleh Pixar Studio itu mengisahkan perjalanan ikan badut yang bernama Nemo mencari keluarganya. Nemo menjadi salah satu jenis ikan yang populer karena warnanya yang mencolok.

Ini pula yang dialami cupang nemo. Ikan ini menawarkan daya tarik karena warna dasarnya mirip dengan ikan koi. Warna seperti oranye dan merah atau kuning dan merah, atau disebut candy, mewarnai tubuh ikan ini. Hasil dari budi daya ini menciptakan warna yang aneh dan berbeda dari jenis ikan ini yaitu orange dan hitam.

Saat ini, ikan cupang nemo punya warna tambahan yang dikembangkan, di antaranya, biru, ungu, hijau, putih, biru, dan pink serta warna yang mengkilat seperti zamrud.

Tubuh cupang nemo normal nampak seimbang sebagaimana cupang jenis lain yang sehat. Ikan cupang jenis ini bisa bergerak aktif dan lincah serta agresif jika bertemu cupang lain atau ikan yang terang warnanya. Siripnya juga tegak sempurna apapun jenisnya baik halfmoon, over halfmoon, ataupun pendek.

Sementara itu, cupang nemo bermata hitam punya pandangan yang tajam dan aktif. Dengan begitu, dia bisa diajak interaksi dan bisa dilatih.

Ada beberapa jenis cupang nemo yang beredar di pasaran

Nemo tiger


Dilaporkan Ikan Hias-ID, nemo tiger sebetulnya adalah cupang nemo yang memiliki pola seperti garis belang di tubuhnya. Nama ini tidak lain adalah strategi pemasaran agar terdengar lebih menarik.


Nemo galaxy

Cupang nemo galaxy adalah jenis yang memiliki sisik-sisik kecil mengkilat di badan menyebar ke sirip atas. Pada cupang nemo sisik galaxy harus minim maka sebaliknya pada cupang nemo galaxy sisik "mutiara"nya harus banyak.


Nemo candy emerald

Cupang candy emerald punya tambahan sisik mutiara acak apaka itu ditubuhnya maupun di siripnya. Emerald ini nama yang diberikan oleh pembudidaya ikan cupang nemo untuk sisik berkilau yang ada pada ikan cupang nemo.

Selain dari warna, ada karakter lain yang membedakan antara satu cupang nemo dengan yang lain. Karakter tersebut yaitu bentuk sirip.

Baca Juga: Cupang Nemo, Si Lincah dengan Warna Menawan
Meski Pandemi COVID-19, Remaja 14 Tahun Ini Sukses Mendulang Cuan dari Bisnis Ikan Cupang

Halfmoon nemo

Halfmoon nemo yaitu ikan cupang nemo dengan ekor halfmoon. Untuk ikan cupang dengan pola warna nemo candy diberi nama cupang halfmoon nemo candy.

HMPK Nemo

HMPK Nemo Cupang Halfmoon Plakat ini merupakan cupang dengan jenis plakat akan tetapi memiliki sirip ekor seperti pada ikan cupang halfmoon yaitu ekor melebar hingga 180 derajat berbentuk huruf D.

Harga ikan cupang Nemo dipatok dari Rp200 ribu hingga jutaan rupiah. Sobat Agri tertarik membudidayakannya?

Video Terkait