Mengenal Lebih Jauh Ikan Dorang yang Memiliki Banyak Manfaat

Ilustrasi Ikan Dorang. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 29 Oktober 2021 | 15:10 WIB

Sariagri - Ikan dorang merupakan spesies ikan yang masuk dalam keluarga ikan bawal (characidae), maka tak jarang ikan ini juga disebut sebagai ikan bawal hitam. Hewan laut ini menjadi salah satu ikan laut favorit masyarakat karena rasanya yang gurih dan lezat.

Selain kelezatannya, ikan dorang digemari karena durinya yang sedikit, di mana dia hanya memiliki tulang pada bagian tengah tubuhnya saja. Bahkan ikan ini juga kaya akan kandungan protein, vitamin D hingga asam amino esensial, hal ini baik untuk pembentukan sel-sel janin dalam trimester ketiga.

Dibalik rasa dan manfaatnya yang begitu dicintai masyarakat, ikan dorang juga dikenal sebagai ikan laut yang mahal.

Berikut ulasan mengenal lebih jauh ikan dorang  yang telah dilansir Sariagri dari berbagai sumber:

Kenapa ikan dorang mahal?

Harga ikan dorang begitu bervariatif sesuai dengan ukuran ikan tersebut. Untuk ikan berukuran 1-2 ons saja bisa dibanderol Rp60 ribu per kilogram, ukuran 2-3 ons seharga Rp120 ribu per kilogram, ukuran 3-4 ons seharga Rp150 ribu per kilogram, ukuran 4-5 ons Rp200 ribu per kilogram, dan di atas 5 ons dijual seharga Rp300 ribu-Rp400 ribu per kilogram.

Bukan tanpa sebab ikan dorang mahal, tingginya harga disebabkan karena hanya nelayan tradisional saja yang bisa menjaring atau menangkapnya. Ia biasanya berada tak jauh dari lepas pantai yaitu 0-10 mil laut, selain itu jumlahnya diketahui hanya sedikit.

Apakah ikan dorang bergerombol?

Sama seperti pada keluarga ikan bawal lainnya, ikan dorang diketahui juga hidup bergerombol atau disebut juga dengan shcoolling fish. Ikan yang hidup bergerombol bukan tanpa tujuan, ternyata dengan begitu mereka dapat membentuk pertahanan dari serangan predator.

Selain itu schooling fish lebih mudah dalam mencari makanan, dan mudah menemukan pasangan. Ikan spesies ini biasanya bergerombol dengan ukuran dan usia yang sama, agar tidak menonjol di mata predator sehingga menarik untuk dimangsa.

Bagaimana bentuk ikan dorang?

Bentuk ikan dorang memiliki karakteristik yang unik, di mana tubuhnya lebar dan gepeng, dengan warna tubuh bagian atasnya berwarna abu-abu sawo matang, serta sedikit putih pada bagian bawahnya.

Ikan dorang dilengkapi dengan sirip ekor bercabang dua dengan lekukan yang dalam, selain itu pangkal sirip ekornya berbentuk bulat dan kecil. Gurat sisi ikan ini dibentuk oleh sisik-sisik yang lebih besar dari sisik lain dari tubuhnya.

Manfaat Ikan Dorang

1. Mencegah Penyakit Autoimun

Penyakit antoimun merupakan penyakit yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi yang menyerang pelapis sendi. Akibatnya, bisa terjadi pembengkakan dan nyeri. Namun untuk mencegah itu semua Sobat Agri bisa mengonsumsi ikan dorang untuk mencegah penyakit radang sendi.

2. Mencegah Bayi Prematur bagi Ibu Hamil

Bayi prematur yaitu bayi yang keluar belum pada waktunya. Penyebab kelahiran bayi prematur antara lain yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Ini semua bisa dicegah dengan mengonsumsi ikan dorang karena ikan ini berkhasiat mencegah kelahiran bayi prematur.

3. Ikan Dorang Mencegah Depresi

Salah satu manfaat dan khasiat ikan dorang yaitu mencegah depresi. Depresi bisa disebabkan karena kehilangan sesuatu misalnya kehilangan anak yang di kandungnya. Gejala yang timbul akibat depresi antara lain seperti murung, sedih berkepanjangan dan menurunnya daya tahan tubuh.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Ikan Dorang yang Memiliki Banyak Manfaat
Mengenal Monkfish, Ikan 'Hantu' yang Rasanya Lezat Mirip Lobster

4. Menambah Kandungan Vitamin D

Ikan dorang merupakan sumber vitamin D. Selain enak ia juga memiliki manfaat dan khasiat seperti dapat menangkal penyakit, pembentukan struktur tulang dan gigi, meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi kemungkinan terkena flu.

5. Kurangi Risiko Penyakit Asma

Asma merupakan penyakit sulit bernafas atau sesak nafas. Selain itu disertai dengan keluhan penyakit lainnya, seperti nyeri pada dada. Karena itu, jika terkena penyakit asma cobalah konsumsi ikan dorang secara rutin agar dapat mengurangi risiko penyakit asma.

Video Terkait