Simak! Ini Manfaat Cacing Darah untuk Ikan Hias

Ilustrasi cacing darah. (foter)

Editor: Dera - Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Sariagri - Cacing darah dikenal sebagai salah satu makanan ikan hias yang kaya nutrisi. Larva dari serangga Chironomus sp ini digunakan untuk pembesaran ikan karena kandungan protein dan lemaknya cukup tinggi

Hampir semua jenis ikan di alam liar menyukai cacing darah sebagai makanan mereka, tak terkecuali dengan ikan hias peliharaan seperti ikan cupang, guppy, lohan, channa dan jenis ikan hias lainnya.

Selain dapat membantu pertumbuhan ikan dengan cepat, pemberian cacing darah juga membantu menguatkan warna ikan terutama untuk jenis ikan yang memilki corak warna beragam seperti ikan cupang.

Tubuhnya diketahui mengandung pigmen karoten berupa astaxanthin yang akan mempengaruhi kualitas warna pada ikan. Pemberian pakan cacing secara tepat juga dapat memperbaiki bentuk sirip ikan dan menggemukannya.

Selain itu, di habitatnya keberadaan cacing ini  berperan penting sebagai konsumen utama mikroorganisme pengurai. Sebab itu mereka menyukai habitat berupa air tenang yang banyak mengandung sisa bahan organik.

Jenis pakan cacing darah

Cacing darah hidup adalah pilihan terbaik untuk makanan ikan hias, selain kandungan gizinya masih tinggi, memberi makananan ini dapat melatih naluri ikan untuk berburu makanan sebagaimana di habitat aslinya.

Namun pemberian tersebut tidak bertahan lama dalam akuarium, cacing darah yang telah mati akan menimbulkan zat amonia sehingga akan mempengaruhi kualitas air.

Untuk menyiasatinya, hewan tersebut dijual dalam bentuk kering dan beku. Untuk bentuk kering, yakni jenis pakan yang dapat bertahan lama.

Keuntungan lainnya yaitu dapat mengapung lebih lama di permukaan air dan lebih mudah dimakan oleh ikan yang hidup di bawah permukaan air. Sayangnya kandungan gizi pada jenis pakan kering ini jauh berkurang dibanding cacing hidup yang hilang selama proses pengeringan.

Baca Juga: Simak! Ini Manfaat Cacing Darah untuk Ikan Hias
Apakah Cacing Darah Berbahaya untuk Ikan Hias? Ini Jawabannya

Jenis berikutnya yaitu dalam bentuk beku, pakan jenis ini adalah jalan tengah untuk makanan ikan yang lebih awet namun kandungan gizinya masih tinggi.

Cacing darah beku saat ini cukup populer di kalangan penghobi ikan hias sebagai alternatif pakan yang praktis dan bisa disimpan lebih lama.

 Video Terkait