Terungkap, Ini Alasan Kenapa Ikan Tak Bisa Hidup di Laut Mati

Ilustrasi lautan. (pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 22 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Sariagri - Laut mati yang terletak antara wilayah Israel dan Yordania memang populer dengan fakta-fakta uniknya. Selain terkenal akan tingkat keasinannya di dunia, inilah mungkin satu-satunya laut di mana ikan tidak bisa hidup. 

Seperti diketahui, laut mati merupakan salah satu perairan dengan tingkat salinitas tertinggi di dunia. Melansir Elal.com, salinitas di laut ini jauh melebihi laut pada umumnya, yaitu sekitar 34,2 persen. Ini menjadikannya sebagai badan air paling asin ke empat di dunia, setelah Don Juan Pond Antartika, Danau Vanda dan Danau Assal Djibouti.

Akibat tingginya salinitas ini lah, lingkungan di laut ini tidak memungkinkan bagi organisme akuatik makroskopik, seperti ikan dan tumbuhan air, untuk hidup di dalamnya.

Salah satu alasan salinitas laut mati adalah karena alirannya tidak mengalir. Air yang masuk ke laut ini tidak memiliki jalan keluar, tetapi terperangkap. Selain itu, iklim gurun yang gersang menyebabkan penguapan hingga meningkatkan salinitas.

Salinitas Laut Mati Tertinggi di Dunia

Menurut laporan Britannica, konsentrasi garam meningkat menuju dasar laut. Fenomena itu dapat menciptakan dua massa air yang berbeda di danau untuk waktu yang lama.

Situasi seperti itu ada selama kira-kira tiga abad yang berlangsung hingga akhir 1970-an. Turun ke kedalaman sekitar 130 kaki (40 meter), suhu bervariasi dari 66 hingga 98 °F (19 hingga 37 °C), salinitasnya sedikit kurang dari 300 bagian per seribu dan airnya sangat kaya akan sulfat dan bikarbonat.

Di bawah zona transisi yang terletak di kedalaman antara 130 dan 330 kaki (40 dan 100 meter), air memiliki suhu seragam sekitar 72 °F (22 °C) dan tingkat salinitas yang lebih tinggi (sekitar 332 bagian per seribu), itu mengandung hidrogen sulfida dan konsentrasi kuat magnesium, kalium, klorin dan bromin.

Pengurangan dramatis arus masuk dari Sungai Yordan yang dimulai pada 1960-an secara bertahap juga meningkatkan salinitas perairan lapisan atas Laut Mati.

Ikan yang terbawa oleh sungai Yordan atau sungai yang lebih kecil saat banjir pun, mati dengan cepat. Selain vegetasi di sepanjang sungai, kehidupan tanaman di sepanjang pantai terputus-putus dan sebagian besar terdiri dari halofit (tanaman yang tumbuh di tanah asin atau basa).

Akan tetapi, meski tanaman dan ikan tidak bisa hidup, ada mahluk hidup yang dapat berkembang di laut ini, yakni bakteri dan jamur mikroba. Mungkin karena ini pula, perairan yang sebenarnya sebuah danau ini disebut Laut Mati.




Video Terkait