Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 5 Ikan yang Cocok untuk Menu Dietmu

Ilustrasi Ikan Salmon. (Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:50 WIB

Sariagri - Memiliki berat badan ideal pastinya menjadi harapan setiap orang. Tak heran, jika banyak masyarakat yang rela melakukan diet demi mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Nah, jika Sobat Agri masih bingung mengonsumsi makanan yang bisa menghilangkan lemak di tubuh, coba deh jadikan ikan sebagai menu diet harianmu.

Pasalnya, ikan merupakan salah satu makanan yang banyak memiliki kandungan protein dan asam lemak omega 3. Kandungan lemak jenuhnya pun rendah, sehingga dinilai baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet.

Terdapat beberapa jenis ikan yang seringkali disarankan bagi mereka yang sedang menjalani pogram diet.

1. Salmon

Kandungan lemak jenuh pada salmon lebih rendah dibandingkan daging merah pada umumnya. Sementara kandungan omega-3 serta protein yang tinggi di dalamnya, bagus untuk kesehatan tulang dan otot selama masa penurunan berat badan.

2. Tuna

Merupakan makanan yang rendah kalori dan protein rendah lemak. Selain itu ikan tuna juga kaya akan vitamin B12, vitamin D, kalsium dan zat besi. Keberadaan selenium di dalamnya berperan sebagai nutrisi untuk meningkatkan kemampuan tiroid dalam menghasilkan horrmon, serta membantu pembakaran lemak lebih banyak.

3. Tenggiri

Mengandung selenium, vitamin B12, serta B6 dan juga asam amino untuk mengendalikan berat badan. Sejumlah besar protein yang terdapat dalam ikan tenggiri dapat membantu merangsang metabolisme.

Makanan yang mengandung protein tinggi biasanya membuat tubuh lebih mudah kenyang sehinga bisa membantu mencegah makan secara berlebihan yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Kembung

Memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan baik untuk menurunkan kadar kolesterol serta membantu mengurangi berat badan. Ikan kembung juga kaya akan protein yang bermanfaat. Nutrisi tersebut kemudian mempercepat metabolisme sehingga banyak kalori yang terbakar.

Baca Juga: Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 5 Ikan yang Cocok untuk Menu Dietmu
Bisa Berdampak Buruk, Ini Fakta-fakta Tentang Bahaya Merkuri pada Ikan

5. Makarel

Asam lemak omega 3 yang terdapat di dalamnya dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Kandungan protein dan lemak di dalamnya dapat menurunkan kadar hormon alami yang merangsang rasa lapar. Ikan makarel juga kaya akan minyak esensial, vitamin dan mineral.

Selain banyaknya manfaat ikan, perlu diperhatikan pula bahaya yang bisa jadi timbul karena kandungan merkuri yang kerap terdapat pada ikan. Oleh karena itu, kita bisa mengurangi resiko bahaya tersebut, antara lain dengan menghindari atau membatasi konsumsi ikan dengan kadar merkuri tinggi. Cara memasak ikan yang benar pun turut berperan agar kita bisa mengonsumsi ikan dengan lebih aman.