Mengenal Monkfish, Ikan 'Hantu' yang Rasanya Lezat Mirip Lobster

Ilustrasi Ikan Monkfish (foter)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 8 Oktober 2021 | 18:50 WIB

Sariagri - Monkfish (Lophius piscatorius) adalah salah satu jenis ikan penghuni perairan dalam. Ikan ini sebagian besar ditemukan di Atlantik Utara dari pesisir Norwegia hingga Mediterania.

Ikan yang berjalan dengan siripnya ini memiliki penampilan sangat menyeramkan seperti hantu. Mereka juga adalah jenis ikan rakus yang memakan hampir semua hewan yang berjalan di dekatnya.

Melansir The Spruce Eat, Monkfish merupakan ikan bersungut ganda yang tergabung dalam genus Lophius. Mereka memiliki ciri khas yaitu berupa dua antena di kepala yang digunakan untuk memancing mangsanya.

Ikan ini juga sering dijuluki lobster orang miskin karena penampilannya yang buruk sehingga para nelayan sering membuangnya. Secara morfologis, ikan monkfish memiliki ukuran kepala lebih besar dari badannya. Penampilannya yang unik tersebut hampir mirip dengan kecebong dengan mulut lebar dan gigi tajam yang banyak.

Ikan monkfish termasuk ikan dengan ukuran besar, rata-rata panjang tubuhnya mencapai 1 hingga 1,8  meter dengan berat terbesar yang tercatat mencapai 113 kilogram.

Ikan ini disebut juga dengan sebutan ikan biarawan. Awalnya ia merupakan ikan yang sering dibuang oleh nelayan di Eropa Utara karena tidak laku di pasaran. Penampilannya yang tidak menarik membuat nelayan membuang begitu saja ikan ini, sehingga menarik para biarawan datang memintanya untuk dimanfaatkan.

Monkfish sendiri merupakan ikan laut dalam yang dapat ditemukan hampir di seluruh dunia. Mereka hidup pada kedalaman 200 hingga 1.000 meter dan sering bermigrasi ke tempat-tepat baru untuk bertelur. Setiap kali bertelur ikan monkfish akan menghasilkan setidaknya satu juta telur.

Baca Juga: Mengenal Monkfish, Ikan 'Hantu' yang Rasanya Lezat Mirip Lobster
Pasal Krusial Dalam Pergub NTB Tentang Pengelolaan Sumber Daya Lobster

Uniknya, ikan monkfish bermigrasi bukan dengan cara berenang, melainkan berjalan menggunakan siripnya di dasar laut, selain itu mereka juga menggunakan sirip tersebut untuk menaiki arus laut ketika bermigrasi. Ikan karnivora tersebut hidup dengan cara memakan segala jenis hewan yang bisa mereka tangkap mulai dari plankton, ikan, udang, siput bahkan burung yang sedang menyelam hingga makan sesamanya alias kanibal.

Ikan monkfish kebanyakan dikonsumsi pada bagian ekor, dagingnya sangat lembut dan berwarna putih mirip daging lobster. Ikan ini biasanya diolah dengan cara dibakar, digoreng atau ditumis dengan campuran sayuran. 

 

Video Terkait