Penanaman Apartemen Upaya Jaga Populasi Ikan Hias di Pantai Cacalan

Penanaman ratusan apartemen ikan di Pantai Cacalan, Banyuwangi, Jawa Timur.(Sariagri/Arief L)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 30 September 2021 | 09:00 WIB

Sariagri.id - Pantai Cacalan di lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dulu dikenal sebagai salah satu surga wisata snorkeling bagi para penyelam.

Selain airnya bening dengan panorama biota laut beraneka ragam, di pantai ini banyak dijumpai bermacam ikan hias dengan corak warna dan pesona yang memikat. Tidak heran jika pantai ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Namun seiring waktu, dengan banyaknya nelayan yang melakukan penangkapan ikan menggunakan cantrang maupun potas, keragaman ikan hias di pantai ini terancam punah.

Untuk mengembalikan kejayaan itu, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bekerja sama dengan Kelompok nelayan pengawas Pantai Cacalan (Kopi Pancal) melakukan aksi penanaman ratusan apartemen ikan.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi (DKPP) Jawa Timur, Suryono Bintang Samudra mengatakan melalui upaya ini diharapkan populasi ikan hias di Pantai Cacalan bisa kembali berkembang dan konservasi laut dapat terjaga.

“Kami menggandeng Pokdarwis dan Kopi Pancal untuk kembali menghidupkan masa keemasan dari pantai cacal yang dulu dikenal oleh wisatawan asing sebagai lokasi menyelam terindah di Indonesia. Karena itu, kami telah siapkan 40 rangkaian apartemen ikan untuk ditenggelamkan dan ditanam di pantai ini,“ ujar Suryono kepada Sariagri.id, Rabu (29/9/2021).

Dikatakan Suryono, dari setiap rangkaian apartemen ikan terdapat empat blok ruang untuk berkembang biak. Total keseluruhan terdapat 160 blok apartemen ikan.

Baca Juga: Penanaman Apartemen Upaya Jaga Populasi Ikan Hias di Pantai Cacalan
Ikan Mas Ini Alami Benjolan di Mulut, Sang Pemilik Rela Keluarkan Uang Jutaan untuk Operasi

“160 blok apartemen ikan yang telah dirangkai ini, siap ditenggelamkan dan ditanam di areal konservasi laut Pantai Cacalan,“ katanya.

Diharapkan dengan apartemen ikan ini, populasi ikan di sepanjang Pantai Cacalan akan semakin banyak.

“Sebelumnya Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur, sejak tahun 2003 telah membentuk lebih dari sepuluh konservasi laut di sepanjang pantai Banyuwangi. Apartemen ikan ini akan terus kami tambah dan tingkatkan untuk menjaga populasi ikan hias yang ada di banyuwangi agar semakin lestari, “ pungkasnya.

Video terkait:

Video Terkait