Ini Sederet Fakta Unik Bintang Laut yang Jarang Diketahui

Ilustrasi - Bintang laut.(Unsplash)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 27 September 2021 | 08:00 WIB

Sariagri -   Bintang laut umumnya dapat ditemukan di daerah pantai. Meski hidup di air layaknya ikan, ternyata bintang laut bukan termasuk golongan ikan.

Berbentuk layaknya bintang dengan warna beragam, bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata dan kelas Asteroidea.

Selain bentuknya unik, bintang laut ternyata tidak memiliki otak. Bgaimana hewan laut ini bisa hidup tanpa otak? Berikut beberapa hal terkait bintang laut dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tidak semua jenis bintang laut berbentuk bintang

Meski namanya bintang laut, bukan berarti semua jenis bintang laut bentuknya mirip seperti bintang. Menurut artikel dari thoughtco.com, ada sekitar 2.000 jenis bintang laut yang hidup di dunia. Dari semua jenis yang ada, tidak semua berbentuk seperti bintang. Salah saru contohnya The Cushion Starfish yang memiliki bentuk seperti gumpalan berbentuk bulat.

2. Bisa menumbuhkan lagi lengannya

Sama seperti makhluk hidup lainnya, bintang laut bisa menjadi santapan predator laut. Dalam mempertahankan diri, tidak jarang bintang laut harus kehilangan lengannya. Secara alamiah bintang laut bisa menumbuhkan kembali lengannya meski membutuhkan waktu lama bahkan hingga satu tahun.

3. Tidak hanya lima atau enam lengan tabung, bintang laut memiliki ratusan kaki kecil

Meski pada umumnya bintang laut memiliki lima hingga enam lengan tabung, ternyata hewan ini juga memiliki ratusan kaki kecil. Kaki kecil itu berada di bagian bawah tubuh dan memiliki bentuk seperti tabung super kecil. Dengan kaki ini bintang laut mampu berjalan dengan cepat. Selain untuk bergerak, kaki bintang laut juga digunakan untuk memegang mangsanya seperti kerang dan rumis.

4. Memiliki mata seperti hewan laut lainnya

Tidak hanya kaki, bintang laut juga punya mata yang letaknya di ujung lengan tabung. Meski kemampuan mata tidak sebagus mata hewan lain. Setidaknya, mata bintang laut mengenali warna dan cahaya untuk bergerak ke arah yang benar atau mencari makanan tersembunyi.

Baca Juga: Ini Sederet Fakta Unik Bintang Laut yang Jarang Diketahui
Viral Wanita Ini Dapat Kiriman Ikan, Bikin Kaget Pas Tahu Harganya

5. Tidak memiliki otak dan darah

Keunikan lainnya dari bintang laut tidak memiliki otak bahkan darah. Dilansir dari visitsealife.com, bintang laut memompa air laut ke seluruh tubuhnya sebagai pengganti darah. Air laut yang mengandung banyak nutrisi, membuat organ tubuh bintang laut dapat berfungsi dengan baik. Meski tidak memiliki otak, bintang laut cukup pintar untuk menjauh dari predator, dan mencari mangsa untuk disantap.

6. Memiliki perut yang bisa mencerna makanan di luar mulut

Bintang laut punya mulut, namun karena ukurannya sangat kecil membuat hewan ini sulit memasukkan semua makanannya sekaligus. Dalam memproses makanannya, bintang laut menggunakan perutnya untuk mencerna di luar tubuhnya. Ketika masuk ke mulut, makanan sudah berukuran jauh lebih kecil.

 

Video Terkait