Jarang Dilirik, Begini Cara Budidaya Ikan Sidat Biar Jadi Cuan

Ilustrasi Ikan Sidat (kkp.go.id)

Editor: Reza P - Sabtu, 18 September 2021 | 10:30 WIB

Sariagri - Ikan sidat merupakan ikan yang memiliki tubuh ramping dan memanjang. Bagi masyarakat Jepang, ikan ini dikenal juga dengan nama ikan unagi. 

Ikan yang mempunyai nama latin latin Anguilla ini biasanya hidup di habitat air tawar sama dengan belut sehingga memiliki potensi besar untuk dibudidayakan.

Ikan sidat dapat dibudidayakan menggunakan berbagai media seperti kolam tanah, kolam terpal dan tambak. Nah, untuk Sobat Agri yang tertarik untuk budidaya ikan sidat di tambak. Cara ini juga cocok bagi kamu yang masih pemula.

Persiapan Lahan

Untuk hal yang pertama Sobat Agri bisa lakukan adalah mempersiapkan lahan. Jika sudah menyiapkannya, perlu mengeringkan lahan tersebut selama 2 sampai 3 hari, atau hingga kadar air di dalam tanah menjadi 15 sampai 20 persen.

Setelah itu, dapat mengeruk tanah sedalam 5 sampai 10 cm dan tinggikan tanggul. Selanjutnya, ratakan dan padatkan dasar tambak kemudian keringkan sekitar 5 hingga 7 hari untuk membuang zat-zat berbahaya yang mungkin masih tertinggal di tanah.

Persiapan Tambak

Langkah selanjutnya adalah mengisi air ke dalam tambak sampai setinggi 100-150 cm kemudian larutkan saponin dengan dosis 20-25 ppm untuk memberantas hama.

Persiapan Benih

Dalam hal pemilihan benih, saran terbaiknya adalah memilih benih ikan sidat yang berukuran 50-100 gram per ekor. Lalu, taruh benih ke dalam tambak dan biarkan benih ikan sidat melakukan proses aklimatisasi. Jangan lupa untuk taburkan garam ke dalam bak aklimatisasi yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan parasit yang menempel.

Baca Juga: Jarang Dilirik, Begini Cara Budidaya Ikan Sidat Biar Jadi Cuan
Mengenal Ikan Toman, Begini Cara Budidaya 'Sang Predator'

Pemeliharaan

Dalam tahap ini, Sobat Agri perlu memberikan pakan ikan sidat dan penggantian air di dalam tambak. Pemberian pakan berupa pelet dapat dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari. Pakan diberikan menggunakan alat bantu ancho untuk mengetahui kebutuhan pakan ikan sidat.

Tahapan lainnya dalam pemeliharaan adalah penggantian air di dalam tambak yang dilakukan setiap dua kali dalam satu minggu atau bila terjadi penurunan kualitas air di dalam tambak. Selanjutnya panen dapat dilakukan setelah ikan sidat berumur 1-1,5 tahun setelah tanam.