Mirip Alien, Penampakan Kutu Pemakan Lidah Ikan Ini Bikin Warganet Merinding

Kutu Pemakan Lidah Ikan. (Facebook Don Marx )

Editor: Dera - Sabtu, 11 September 2021 | 16:00 WIB

Sariagri - Fenomena langka terjadi pada seekor ikan, di mana mulutnya dihinggapi kutu pemakan lidah atau parasit. Kutu tersebut seolah-olah menggantikan lidah si ikan dan mungkin akan menetap selama hidupnya.

Kejadian itu terjadi ketika seorang mahasiswa bernama Don Marx tengah memancing di perairan Cape Agulhas, Afrika Selatan. Dirinya bercerita, saat itu dia berhasil mendapatkan seekor ikan seberat 2,7 kilogram.

Namun pemuda berusia 27 tahun itu terkejut ketika melihat ke dalam mulut ikan, di mana dia menemukan hewan lain yang hidup di dalam sana. Marx yang juga mengenyam pendidikan biologi kelautan itu pun berpikir bahwa, dia pernah mendengar tentang kutu yang hidup di tubuh hewan, namun belum melihatnya secara langsung.

Tanpa pikir panjang, Marx dengan sigap mengeluarkan gawainya dan mengabadikan momen langka kutu yang hidup dalam mulut si ikan tersebut. Selanjutnya Marx membawa penemuannya tersebut ke Profesor Nico Smit, di mana dia merupakan seorang ahli zoologi dari North West University.

“Sebagai ilmuwan kelautan dan telah memancing sejak usia muda, saya telah melihat parasit yang hidup di ikan dan hiu,” ujar Smit seperti dikutip dari laman Daily Mail.

“Tetapi, tidak ada yang menyangka saya akan membuka mulut ikan kayu dan melihat alien bermata biru dengan kumis menatap balik ke arah saya. Spesies kutu pemakan lidah memanfaatkan ikan sebagai inangnya dan telah bersembunyi dari kita selama bertahun-tahun,” tambahnya.

Para ilmuwan mengklaim keberadaan kutu pemakan lidah sudah ada sejak lama, namun studi yang terkait parasit tersebut baru di mulai belakangan ini. Peneliti menyebutkan bahwa spesies kutu pemakan lidah dilahirkan berjenis kelamin jantan, kemudian dia hanyut terbawa air seraya mencari ikan sebagai inangnya.

Spesies kutu tersebut sejauh ini terdapat 280 spesies yang teridentifikasi, dia akan mencari satu ikan yang dijadikan sebagai korbannya. Setelah kutu menemukan ikan yang tepat, dia akan berenang masuk ke dalam tubuh ikan melalui insang.

Apabila si ikan belum terdapat parasit di dalam tubuhnya, si kutu ini akan menempel pada lidah ikan dan memotong pembuluh darah menggunakan cakar serta menghisap darah ikan tersebut sebagai makanannya.

Selama berada di mulut ikan, si kutu yang berjenis kelamin jantan tersebut lambat laun akan berubah menjadi betina dan tubuhnya akan membesar sementara matanya akan mengecil.

Baca Juga: Mirip Alien, Penampakan Kutu Pemakan Lidah Ikan Ini Bikin Warganet Merinding
Punya Warna Cantik, Ini Jenis-jenis Ikan Komet yang Populer untuk Peliharaan

Namun, jika kutu tersebut masuk ke dalam insang dan menemukan kutu yang sudah hingga terlebih dahulu, maka kutu tersebut akan tetap menjadi jantan dan hidup menempel pada insang.

Dampak yang ditimbulkan bagi ikan yang dihinggapi parasit ialah berkurangnya berat badan ikan, hal itu bisa jadi banyaknya parasit yang menempel dan menghisap darah si ikan. Parasit akan mati ketika si ikan juga mati karena kehabisan darah.

 

Video Terkait