Ikan Toman yang Ditemukan di Klaten, Riset: Ikan yang Kaya Gizi

Ilustrasi toman, ikan gabus raksasa. (Foter.com)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 9 September 2021 | 11:00 WIB

Sariagri - Beberapa waktu lalu warga Klaten, Jawa Tengah dihebohkan dengan penemuan Ikan Toman. Ikan ini termasuk spesies ikan sungai dan rawa yang ditemukan di sebuah kolam dekat terowongan Kuno.

Sebuah riset akademik menunjukkan ikan toman memiliki kandungan gizi yang kaya. Selama ini diketahui, habitat ikan Toman berada di Sumatera, Kalimantan, Malaysia dan Sungai Mekong serta Sungai Menam di Thailand. Wajar saja apabila penemuan ikan ini di Klaten menimbulkan kehebohan.

Ikan Toman termasuk jenis ikan gabus yang ditemukan di Klaten memiliki panjang 80 sentimeter dan berat hingga tujuh kilogram. Ini terhitung langka, ada beberapa pihak yang menawar ikan ini dengan harga tinggi hingga Rp17 juta.

Ikan Toman atau Channa Micropeltes adalah salah satu ikan yang umum ditemukan di perairan sungai, rawa, parit dan danau. Ia memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga menjadi bahan yang biasa dijadikan makanan di negara-negara Asia tropis seperti semenanjung Malaysia, Sungai Menam, Sungai Mekong, dan Pulau Sumatera.

Dalam Jurnal Biodiversitas, tim dari Univeritas Airlangga dan Universitas Brawijaya mengungkap gizi dan senyawa-senyawa bioaktif yang terkandung di dalam ikan toman. Daging ikan toman, yang termasuk dalam marga Channa, diperkirakan mengandung protein yang tinggi.

Seperti dikutip dari laman Unair.ac.id, ikan toman juga sangat kaya akan albium yang ikut bertambah seiring dengan bertambahnya berat dan ukuran ikan. Albium sendiri merupakan salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia. Ikan ini terbukti mengandung banyak mineral, antara lain Zn (seng), Fe (zat besi), dan Ca (kalsium).

Sebuah penelitian menunjukkan, ikan toman memiliki banyak asam amino seperti Threonine, valine, methionine, L-leusin, leusin, fenilalanin, histidin, lisin, arginin, asam aspartat, serin, glutamat, glisin, alisin, dan tirosin.

Baca Juga: Ikan Toman yang Ditemukan di Klaten, Riset: Ikan yang Kaya Gizi
Ribuan Ikan Terdampar, Peneliti Unsoed: Hasil  Pemijahan Juli-September

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi ikan toman memiliki manfaat di bidang kesehatan seperti mempertahankan tekanan osmotik, mempercepat proses penyembuhan luka, antihiglikemik, dan baik bagi penderita hipoalbuminemia. Ikan toman juga baik dikonsumsi bagi mereka yang merasakan rasa sakit pascaoperasi.

Dengan sejuta manfaat itu, wajar saja ikan toman memiliki harga yang fantastis. Banyak kolektor ikan hias berani membayar mahal untuk ikan ini.

Video Terkait