Bisa Berdampak Buruk, Ini Fakta-fakta Tentang Bahaya Merkuri pada Ikan

Pedagang ikan laut di pasar (Sariagri/ Andry Hariana)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 6 September 2021 | 15:10 WIB

Sariagri - Ikan merupakan makanan yang mungkin paling banyak di konsumsi dan digemari masyarakat di banyak negara. Selain kenikmatan rasa, fakta bahwa ikan sangat kaya kandungan yang menyehatkan, ini faktor kenapa hewan air ini begitu digemari oleh hampir semua kalangan.

Namun tak banyak orang tahu, tak semua jenis ikan menyehatkan. Beberapa ikan bahkan tidak boleh dikonsumsi secara berlebih, karena ditenggarai mengandung kadar merkuri cukup tinggi. Karena itu, penting untuk mengetahui berbagai informasi  dan keterkaitan seputar ikan dan zat satu ini.

Manfaat makan ikan

Siapa pun tentu sepakat, mengkonsumsi ikan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Menurut Felicia Wu, profesor Michigan State University di East Lansing, Ikan kaya akan asam lemak omega-3, yang baik untuk otak dan jantung.

Ikan yang mengandung omega-3 dalam jumlah tinggi disebut Wu sebagai ikan “SMASH”, termasuk salmon, mackerel, teri, sarden, dan herring. Ikan juga bisa menjadi sumber kalsium dan nutrisi lain yang baik. Itulah mengapa American Heart Association merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali seminggu sebagai bagian dari diet sehat.

Namun, beberapa ikan dapat memiliki kadar merkuri yang tinggi, neurotoksin, yang tentunya tidak dapat  dikonsumsi secara berlebihan. Apa itu keracunan merkuri? Melansir The Healthy.com, merkuri adalah unsur alami yang ditemukan di tanah, air, dan udara. Meskipun sejumlah kecil merkiri dalam makanan mungkin tidak mempengaruhi kesehatan, terlalu banyak bisa menjadi racun.

“Orang juga dapat terpapar merkuri yang dilepaskan dari wadah atau perangkat rusak yang mengandung merkuri, seperti termometer demam dan tambalan gigi,” kata Malina Malkani, ahli gizi dan penulis diet terdaftar. “Merkurius juga terkadang ditemukan dalam pestisida, fungisida, dan pengawet," tambahnya

Ada dua jenis utama merkuri, metilmerkuri serta merkuri unsur (logam). Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) methylmercury dapat ditemukan di jaringan ikan dan kerang. Paparan yang terakhir biasanya terjadi setelah tumpahan merkuri logam atau setelah produk yang mengandung merkuri logam pecah.

Gejala keracunan merkuri

Keracunan merkuri pada orang dari segala usia dapat menyebabkan efek neurologis. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia dan EPA, beberapa masalah dan gejalanya antaralain masalah memori, tremor, kecemasan, lekas marah depresi insomnia, sakit kepala, kehilangan penglihatan, gangguan bicara dan kelemahan otot.

Menurut Malkani, asupan merkuri sangat berbahaya selama kehamilan dan masa bayi, ketika kepekaan terhadap efek merkuri meningkat. "Tingkat merkuri yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir mati, malformasi kraniofasial, cacat tabung saraf, kerusakan otak, dan cerebral palsy infantil,” katanya.

Sementara, menurut Wu, jenis ikan yang paling banyak mengandung merkuri adalah ikan besar yang tinggi pada rantai makanan laut. Ini termasuk tuna besar, hiu,
Ikan todak, marlin dan makarel raja.

“Alasan mereka mengandung lebih banyak adalah karena merkuri terakumulasi dalam rantai makanan laut, dimulai dengan plankton yang mengambil merkuri dari lingkungan, yang kemudian dikonsumsi oleh ikan yang lebih kecil, yang pada gilirannya dikonsumsi oleh ikan yang lebih besar,” kata Wu.

Sedangkan ikan yang masuk daftar rendah merkuri  antara lain, Ikan salmon, ikan trout, ikan sarden, teri, Ikan haring, ikan kod, pollack, kerang-kerangan seperti udang atau kerang. Ikan dengan merkuri tinggi dapat memiliki 10 sampai 20 kali lebih banyak merkuri dibandingkan ikan dengan tingkat rendah.

Lantas, perlukah kita khawatir saat memakan ikan? Menurut Malkani, secara umum, manfaat makan ikan lebih besar daripada potensi risiko yang terkait dengan merkuri. “Menjadi strategis tentang pilihan makanan laut yang cerdas dapat membantu mengurangi risiko asupan merkuri yang tinggi,” katanya.

Wu menjelaskan, keracunan merkuri dari konsumsi makanan laut yang menyebabkan kerusakan kesehatan akut atau kematian, cukup jarang terjadi. Tapi tentu saja, paparan kecil pun perlu dihindari.

“Jika Anda hanya makan makanan laut sekali atau dua kali seminggu, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang merkuri,” katanya. “Hanya jika Anda mengonsumsi ikan yang lebih besar (tuna, hiu, ikan todak) dalam jumlah besar, Anda harus khawatir," jelasnya.

Pedoman Diet 2020-2025 yang baru untuk orang Amerika merekomendasikan setidaknya dua porsi makanan laut per minggu untuk orang-orang dari segala usia.

Sekali lagi, Wu mencatat bahwa keracunan merkuri terkait dengan efek neurologis dan defisit kognitif pada bayi dan anak kecil. Untuk wanita hamil atau menyusui, Pedoman Diet untuk Orang Amerika merekomendasikan untuk mengonsumsi delapan hingga 12 ons ikan rendah merkuri per minggu, dan dua hingga tiga ons per minggu untuk balita usia satu hingga dua tahun.

Baca Juga: Bisa Berdampak Buruk, Ini Fakta-fakta Tentang Bahaya Merkuri pada Ikan
Dikenal Beracun, Ikan Sembilang Juga Memiliki Manfaat Loh



“Ikan menawarkan protein, zat besi, dan vitamin D berkualitas tinggi, yang merupakan nutrisi penting selama masa bayi,” kata Malkani. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik yang penting untuk perkembangan otak dan kesehatan mata.

Video Terkait