Akibat Terpisah dari Induk, Kawanan Anak Lumba-lumba Terdampar di Pantai Sidem

Lumba-lumba terdampar di Pantai Sidem, Tulungagung. (Foto: Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Senin, 6 September 2021 | 11:45 WIB

Sariagri - Tiga ekor anak lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncates) ditemukan warga terdampar di pantai sidem Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Diduga kawanan anak lumba-lumba ini terdampar akibat terserat ombak tinggi saat berusaha mengejar makanan ikan kecil hingga terdampar ke pantai. 

Menurut Kapolsek Besuki, AKP Sumaji, atas kejadian tersebut warga berusaha mengevakuasi dengan cara menarik ekor anak lumba-lumba yang diperkirakan memiliki panjang 2 meter hingga 2,5 meter tersebut ke tengah laut.

“Dari upaya tersebut, dua ekor anak lumba-lumba berhasil dievakuasi ke tengah laut oleh warga, namun ada satu ekor lainnya masih terdampar dengan kondisi lemas,“ ujar Sumaji kepada Sariagri, Minggu (5/9).

Bahkan meski telah dibantu nelayan dengan mengerahkan satu unit perahu motor untuk menarik ke tengah laut, sampai dengan Minggu sore satu anak lumba-lumba ini masih belum bisa dievakuasi.

Sementara itu, penjaga pantai sidem Yanto Ebes mengatakan proses evakuasi terkendala ombak besar dan arus yang kuat.

“Sejak siang hingga sore, kami sudah ada sekitar 25 kali upaya menarik anak lumba-lumba tesebut ke tengah laut. Namun lumba-lumba tersebut, selalu kembali ke tepi terbawa ombak besar. Kondisi anak lumba-lumba itu memang telah lemas, tenaganya hanya tinggal separuh jadi tidak mampu berenang di tengah kerasnya hantaman ombak," kata Yanto Ebes.

Baca Juga: Akibat Terpisah dari Induk, Kawanan Anak Lumba-lumba Terdampar di Pantai Sidem
Penjelasan Ahli Mengenai Prediksi Tenggelamnya Jakarta

Yanto menambahkan sebelumnya pada Sabtu malam (4/9), pihaknya juga mendapati dua ekor anak lumba-lumba lainnya yang terdampar di Pantai Sidem. Kedua ekor anak lumba-lumba tersebut, tidak dapat diselamatkan karena baru minggu pagi diketahui sudah terdampar hingga akhirnya mati. 

“Kemarin sabtu malam sebetulnya juga ada dua anak lumba-lumba yang terdampar di sini, namun tidak ada yang tahu. Kejadian ini baru kami ketahui saat minggu pagi, namun sayang karena tak tertolong keduanya mati. Duagaan sementara kawanan anak lumba-lumba ini terpisah dari induknya," tandasnya.

Video Terkait