Hendak Mencari Ikan dan Dinyatakan Hilang 6 Hari, 2 Nelayan Ini Akhirnya Selamat

Nelayan Majene ketemu keluarganya usai dinyatakan hilang di laut. (Sariagri/Rifky Junaedi)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 3 September 2021 | 07:00 WIB

Sariagri -  Dua nelayan asal Majene, Sulawesi Barat yang sempat dinyatakan hilang, sejak enam hari lalu akhirnya ditemukan selamat. Keduanya disambut isak tangis keluarganya.

Kedua nelayan itu melaut sejak Jumat 27 aGUSTUS 2021 pekan lalu, namun belum sempat pulang membawa ikan hasil tangkapannya. Perahu yang ditumpanginya malah rusak diterjang gelmbang tinggi, hingga mengalami mati mesin.

Perahunya sempat terombang ambing hingga ke pulau Kalimantan. Isak tangis mewarnai kedatangan  Ahzas dan Usman, dua nelayan yang dinyatakan menjadi korban bencana alam di perairan Majene.

Mahzas yang diemui di rumahnya menceritakan, ia berangkat dari dermaga majene untuk mencari ikan cumi-cumi. Sebelum sampai ke lokasi, perhau yang ditumpangi keduanya dihempas gelombang tinggi hingga mengalami kerusakan mesin.

Dalam situasi tak berdaya melawan menghadapi musibah itu, keduanya hanya pasrah sambil berharap ada pertolongan dari pihak lain.

“Mesin perahunya mati. Selama 6 hari sempat diprmainkan gelombgang hingga akhirnya ditemukan dan ditolong seorang nelayan,”jelas Ahzas.

Dalam kondisi serba terbatas, keduanya mencoba bertahan hidup dengan bekal seadanya. Biasanya keduanya melaut hanya untuk persiapan satu atau dua hari.

Istri dan sanak keluarga yang biasanya menyambut kedatangannya pada pagi hari di dermaga pantai Majene sambil membawa ikan hasil tangkapan, cemas dan panik lantaran hingga malam hari tak kunjung muncul.

Keluarganya makin panik dan cemas sebab hingga dua hari ditunggu-tunggu pualng dan berkumpul bersama keluarganya, Ahzas tak kunjung muncul.

Pihak keluarga pun melaporkan ke pihak berwajib jika keduanya dinyatakan hilang. Tim Basarnas pun melakukan uapaya pencarian di sekitar lokasi yang diperkirakan hilang, namun beberapa hari upaya pencarian, tak kunjung ditemukan.

Beruntung keduanya ditemukan secara tidak sengaja oleh nelayan yang juga sedang mencari ikan. Ahzas dan Usman yang sempat terombang ambil di laut tanpa pertolongan ditemukan terbawa arus di selat Makassar hingga mendekati perairan Kalimantan.

Kedua korban pun dievakuasi ke Majene dan kini kembali berkumpul bersama keluarganya.

 

Video Terkait



Baca Juga: Hendak Mencari Ikan dan Dinyatakan Hilang 6 Hari, 2 Nelayan Ini Akhirnya Selamat
Nelayan Majene Hilang Akibat Perahunya Dihantam Gelombang Tinggi