Gurita Betina Ternyata Suka Melempar Cangkang pada Jantan yang Mengganggu

Ilustrasi Gurita (Unspalsh)

Editor: M Kautsar - Selasa, 31 Agustus 2021 | 22:00 WIB

Sariagri - Para ilmuwan telah mengamati prilaku unik gurita betina dalam hal perkawinan. Saat menolak pejantan yang tak diinginkan, gurita betina melemparkan lumpur, cangkang atau ganggang kepada pejantan.

Prilaku yang dinilai tak lazim di dunia hewan ini diketahui setelah para peneliti mempelajari rekaman gurita di lepas pantai Australia. Para peneliti dari Australia, AS, dan Kanada mempelajari video gurita di alam liar dan menemukan bahwa prilaku melempar benda lebih cenderung dilakukan gurita betina.

Dalam satu contoh pada bulan Desember 2016, seekor gurita betina tunggal melemparkan material 10 kali, dengan lima di antaranya mengenai gurita jantan di sarang yang berdekatan. Menurut para ilmuwan jantan itu telah mencoba beberapa kali untuk kawin dengannya. Kesepuluh lemparan betina seluruhnya atau sebagian adalah lemparan lumpur.

Makalah penelitian pracetak, berjudul In the Line of Fire: Debris Throwing by Wild Octopuses, mencatat: “Rangkaian ini juga terkenal karena perilaku pria yang menjadi target serangan."



Dalam empat kasus pejantan merunduk selama proses lemparan, dan selama rangkaian, gerakan ini terjadi lebih awal dalam kaitannya dengan lemparan. Dalam dua kasus pertama, target merunduk setelah melepaskan lemparan; dalam dua yang terakhir, dia merunduk sebelum pelepasan, selama gerakan persiapan oleh pelempar.

Dalam kasus lain, para peneliti menemukan bahwa gurita lain mengangkat tangan ke arah pelempar tetapi tidak merunduk. Terkadang, ikan yang dipukul bukannya gurita. Baca Juga: Gurita Betina Ternyata Suka Melempar Cangkang pada Jantan yang Mengganggu
Patahkan Paradigma Budidaya Ikan Hias di Lahan Sempit Gagal, Pria Ini Raih Omzet Rp200 Juta per Bulan



Berdasarkan pengamatan, gurita yang dilempar tidak membalas atau melempar kembali lumpur atau cangkangnya.

Melempar benda bukanlah perilaku umum pada hewan, meskipun simpanse dan kapusin, gajah, luwak, dan burung diketahui melakukannya. Tindakan yang berkaitan dengan melempar juga telah diamati pada spesies hewan lain, termasuk menjentikkan rambut yang menjengkelkan oleh laba-laba dan menyemprotkan air oleh ikan pemanah. Melempar umumnya dilihat sebagai tindakan khusus manusia, dan salah satu yang memainkan peran penting dalam evolusi manusia.

“Pelemparan material oleh gurita liar adalah hal biasa, setidaknya di situs yang dijelaskan di sini. Pelemparan ini dicapai dengan mengumpulkan bahan dan menahannya di lengan, lalu mengeluarkannya di bawah tekanan," jelas mereka, seperti dilansir Independent.

Video Terkait