Mudah Banget! Ini 5 Cara Supaya Ikan Cupang Kamu Hidup Lebih Lama

Ilustrasi cupang (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 26 Agustus 2021 | 17:30 WIB

Sariagri - Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer bagi kalangan masyarakat Tanah Air. Dengan warnanya yang cantik dan beragam, ikan hias satu ini juga tergolong mudah dalam perawatan, sehingga cocok untuk pemula.

Pada umumnya, ikan cupang memiliki rata-rata hidup selama tiga tahun. Akan tetapi, bisa saja umur ikan yang cupang yang kita punya tidak selama itu. Lalu, muncul pertanyaan bagaimana cara membuat ikan cupang hidup lebih lama?

Ini lima cara membuat ikan cupang hidup lebih lama, dikutip dari the spruce pets.

1. Kebersihan Air Harus Terjaga

Bagi kamu penghobi ikan cupang, kebersihan air merupakan salah satu fakto penting yang wajib diperhatikan agar ikan bisa hidup lebih lama. Sebab, jika kondisi air tidak baik maka ikan cupang akan rentan mengalami pembusukan.

Pada akuarium kecil, setidaknya kamu harus mengganti air cupang dua hari satu kali. Kemudian untuk akuarium yang disaring, harus mengganti 25 persen air atau setidaknya sebulan sekali.

2. Manfaatkan Tanaman Air pada Akuarium

Salah satu komponen penting pada akuarium adalah tanaman air. Tujuannya untuk ikan cupang bersembunyi dan beristirahat supaya tidak lelah dan stres. Tanaman yang bisa kamu gunakan adalah java fern, java moss, dan anacharis.

3. Penting Memisahkan Ikan Cupang

Adanya sifat teritorial dari ikan cupang jantan, mereka dapat melukai satu sama lain sehingga bisa mengurangi umur mereka. Maka dari itu, kamu wajib untuk memisahkan cupang jantan dengan cupang jantan lainnya.

Baca Juga: Mudah Banget! Ini 5 Cara Supaya Ikan Cupang Kamu Hidup Lebih Lama
Kepulauan Babel Jadikan Bhay Park Kawasan Percontohan Budi daya Ikan Hias

4. Kondisi Aliran Air

Aliran air yang lembut melalui tangki untuk memberi arus perlawanan saat ikan cupang berenang dapat membuat ikan cupang lebih bugar. Akan tetapi, aliran air juga tidak boleh terlalu kencang untuk mengurangi stress pada ikan cupang.

5. Pakai Heater dan Filter

Filter digunakan untuk menyaring air kotor pada akuarium supaya air menjadi lebih bersih sehingga dapat memperpanjang umur cupang. Sedangkan heater berfungsi untuk menjaga suhu air tetap berada pada kisaran 24 hingga 27 derajat celcius, seperti standar suhu pada ikan cupang.

Video Terkait