Wow! 2 Hewan Mirip SpongeBob dan Patrick Ditemukan Tim Ekspedisi Bawah Laut

Penemuan Hewan Mirip SpongeBob dan Patrick. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 2 Agustus 2021 | 14:50 WIB

SariAgri - Tim peneliti dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) secara mengejutkan menangkap penampakan dua mahluk laut yang mirip dua karakter kartun SpongeBob SquarePants dan Patrick Star. Spons laut dan bintang laut merah itu ditemukan dalam sebuah ekspedisi dasar laut di Samudera Atlantik.

Seorang ilmuwan NOAA, Christopher Mah, mengatakan kedua mahluk laut itu berhasil direkam oleh kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (remotely operated vehicle/ROV), dikirim dari kapal Okeanos Explorer milik NOAA. ROV menjelajahi habitat bawah laut, menyiarkan langsung perjalanan mereka, dan menangkap gambar spons laut dan bintang laut itu pada kedalaman  1,6 kilometer di bawah pernukaan laut.

Melansir NPR, Christopher Mah adalah salah satu ilmuwan yang menyaksikan siaran langsung dari kapal selam yang diluncurkan dari kapal NOAA Okeanos Explorer. Saat menyaksikan kedua hewan itu, Mah segera menyadari kemiripan mereka dengan SpongeBob SquarePants dan Patrick Star, film kartun garapan Nickelodeon. Mah pun membagikan temuan hewan laut itu di akun Twitternya.

Namun, berbeda dengan kedekatan Spongebob dan Patrik di film kartun, Mah mengatakan di alam liar bintang laut justru memangsa spons laut.

"Kemungkinan besar, alasan bintang laut berada tepat di sebelah spons itu karena spons itu akan dimakan, setidaknya sebagian," katanya. Menurut Mah, warna kuning cerah pada spons laut berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri dari predator.

Dalam istilah ilmiah, spons dikenal dengan nama Hertwigia, sedangkan bintang laut adalah Chondraster. Mah mengatakan bintang laut yang terlihat oleh ekspedisi itu mungkin adalah spesies yang disebut Chondraster grandis, bintang laut merah muda yang kemungkinan menjadi inspirasi karakter Patrick.

Temuan itu adalah bagian dari ekspedisi selama sebulan di Okeanos Explorer untuk mengumpulkan informasi tentang daerah perairan dalam yang tidak diketahui dan kurang dipahami di lepas pantai timur AS dan laut lepas. Ekspedisi tersebut meliputi pemetaan dasar laut dan eksplorasi komunitas spons karang laut dalam, habitat ikan dan ekosistem gunung bawah laut.

Selama ini, kehidupan laut dalam belum banyak dipahami. "Ini benar-benar hewan yang mungkin belum pernah dilihat publik sebelumnya. Mereka hidup di kedalaman hampir 2.000 meter," ujarnya.

Baca Juga: Wow! 2 Hewan Mirip SpongeBob dan Patrick Ditemukan Tim Ekspedisi Bawah Laut
Selama Pandemi, Produksi Kerupuk Ikan di Indramayu Semakin Berkurang



Usai dibagikan di akun Twitternya, Mah mengaku beragam tanggapan warga net bermunculan. "Mereka seperti, 'Ya Tuhan, ini sempurna. Ini luar biasa. Saya tidak percaya ini benar,'" kata Mah, yang mengaku senang dapat berbagi pengalaman tentang kehidupan dunia bawah laut.



Video Terkait