Gelombang Laut Capai 4 Meter, BMKG Ingatkan Nelayan untuk Tidak Melaut

Nelayan meangkap ikan. (KKP)

Editor: M Kautsar - Selasa, 27 Juli 2021 | 21:30 WIB

SariAgri - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Majene mengingatkan kemunculan gelombang laut yang mencapai empat meter di perairan Selat Makasar. Gelombang ini diperkirakan juga akan terjadi di perairan Polewali Mandar dan Majene, Sulawesi Barat.

BMKG Majene mengingatkan bahwa selama beberapa hari kondisi ke depan dinilai sangat membahayakan aktivitas melaut terutama nelayan tradisional.

Petugas BMKG Majene, Sultan mengatakan perkembangan kondisi cuaca hari ini hingga beberapa hari ke depan sangat esktrim.

“Seperti pantauan kami, kondisi cuaca di perairan selat Makassar bagian selatan dan tengah termasuk polewali  dan Majene Sultan cukup ekstrem. Kami menghimbau kepada para nelayan agar berhati-hati melaut,” kata Sultan.

BMKG Majene mengingatkan warga untuk berhati-hati atau tidak melaut sampai kondisi cuaca kembali membaik.

Menyikapi imbauan BMKG Majene, ribuan nelayan di wilayah pesisir pantai majene dan polewali mandar, berramai-ramai memarkir kapal dan perahu mereka di bibir pantai. Sejumlah nelayan lainnya bahkan memilih beristirahat sambil menarik perahu mereka ke daratan.

Cuaca buruk di perairan ini menelan korban. Dua hari sebelumnya, seorang bocah ditemukan tewas terdampar di Pantai Polewali Mandar. Dia diduga tewas akibat terseret gelombang tinggi.