Kurang Asupan Omega-3 Bisa Memperpendek Umur, Lebih Buruk dari Merokok

Ilustrasi ikan untuk konsumsi. (Foto: Unsplash)

Editor: M Kautsar - Senin, 26 Juli 2021 | 10:00 WIB

SariAgri - Mengkonsumsi ikan secara teratur sangat baik bagi kesehatan. Kandungan Omega-3 dalam minyak ikan amat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mengurangi pembekuan darah.

Para ilmuwan dalam studi terakhirnya menemukan bahwa, kekurangan Omega-3 dalam makanan dapat memperpendek umur, bahkan dampak buruknya bisa lebih berbahaya dari merokok.

Para ilmuwan menemukan bahwa merokok menurunkan harapan hidup hingga empat tahun, sedangkan asupan kadar asam lemak yang rendah dapat mengurangi harapan hidup hingga lima tahun. Asam lemak Omega-3 ini ditemukan pada ikan berminyak seperti salmon dan mackerel.



Menurut para ilmuwan, indeks Omega-3 rata-rata yang baik adalah 8 persen atau lebih tinggi, sedangkan menengah adalah antara 4 - 8 persen sementara yang rendah adalah 4 persen ke bawah.

"Sangat menarik untuk dicatat bahwa di Jepang, di mana indeks Omega-3 rata-rata lebih besar dari 8 persen, rentang hidup yang diharapkan adalah sekitar lima tahun lebih lama. Di Amerika Serikat, rata-rata Indeks Omega-3 adalah sekitar lima persen," kata Peneliti utama studi Dr Michael McBurney, dari University of Guelph di Kanada, seperti dikutip Dailymail.

Baca Juga: Kurang Asupan Omega-3 Bisa Memperpendek Umur, Lebih Buruk dari Merokok
Beredar Gas Oksigen Palsu, Peternak dan Pedagang Ikan Hias Tulungagung Resah



Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini, menggunakan statistik dari Framingham Heart Study (FHS) ini. Menurut catatan ini adalah salah satu studi terlama di dunia.

Sebelumnya, sebuah laporan penelitian pada 2018 yang diikuti 2.500 peserta dalam Framingham Offspring Cohort menemukan bahwa individu dengan Indeks Omega-3 yang tinggi memiliki kemungkinan 33 persen lebih kecil untuk meninggal.

Video Terkait