Peringati Hari Anak Nasional, KKP Serahkan 1,2 Ton Ikan Kembung ke Sejumlah Daerah

Anak-anak terima bantuan ikan dari KKP. (Dok. KKP)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 23 Juli 2021 | 12:40 WIB

SariAgri - Dalam rangka mendukung peningkatan konsumsi ikan nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan 1,2 ton Ikan Kembung yang akan dibagikan ke sejumlah daerah di antaranya Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Selain itu, pembagian tersebut sekaligus memperingati Hari Anak Nasional (HAN).

"Kita dari KKP akan terus mendukung Bu Menteri PPPA (Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak) dalam rangka mendukung peningkatan konsumsi ikan nasional," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono saat penyerahan bantuan secara simbolis, Kamis (22/7/2021).

Menteri Trenggono mengatakan bahwa sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak memerlukan asupan yang bergizi. Menurutnya, ikan yang mengandung banyak Omega-3, bisa menjadi konsumsi yang tepat bagi mereka.

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Rina mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan KKP pada peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh tiap tanggal 23 Juli 2021.

"Kita ikut menyemarakkan Hari Anak Nasional dengan pembagian ikan segar bermutu, yakni ikan kembung," katanya.

Lebih lanjut Rina menambahkan bahwa penting untuk mengonsumsi ikan bagi tumbuh kembang anak. Dikatakannya, ikan juga mengandung nutrisi penting guna meningkatkan imun di masa pandemi. Khusus Ikan Kembung, memiliki kandungan di antaranya protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2) dan niasin (vitamin B3).

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional, KKP Serahkan 1,2 Ton Ikan Kembung ke Sejumlah Daerah
Miris Dampak Pandemi, KKP Targetkan 1.290 Wirausahawan Baru Perikanan

"Melindungi anak-anak, sama halnya melindungi masa depan Indonesia. Semoga ini menjadi ikhtiar yang terus berkesinambungan," pungkasnya.

Untuk diketahui, ikan-ikan didistribusikan ke Yayasan Sanggar Kartini Ancol, Jakarta Utara sebanyak 200 kilogram, kemudian perkampungan pemulung Limo Cinere Depok sebanyak 100 kilogram. Lokasi lain yang jadi sasaran ialah Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I, Tangerang dengan 200 kilogram dan terakhir Yayasan Dinamika Bantar Gebang Bekasi 700 kilogram.

 

Video Terkait